Iklan

Peserta Tes CPNS Di Bener Meriah Membludak

REDELONG - Tingginya peminat masyarakat Kabupaten Bener Meriah, yang mengikuti tes CPNS pada tahun 2014 membludak. Tes Calon Pegawai Negeri Sipil yang mengunakan sistem Computer Assited Test ( CAT ) akan digelar, pada, 29 Oktober sampai 8 November 2014 mendatang.

Kepala BKPP Bener Meriah, Abdul Muis, SE, MT kepada Globalaceh, Selasa ( 21/10 ) menyampaikan, jumlah pendaftar Tes CPNS jalur Umum melalui Sistem Computer Assisted Test ( CAT ), yang mendaftar melalui online mencapai 4120 peserta." Namun yang lulus verifikasi hanya 3650  peserta. Sementara yang tidak lulus verifikasi mencapai 149 peserta." Jelas Muis.

Adapun peserta yang tidak lulus kata Muis, karena lewat usia maksimal dengan ketentuan usia 35 tahun dan minimal 18 tahun. Tes CPNS tersebut akan dilaksanakan di BKN Regional VI Medan, Sumatra Utara.

"Proses pelaksanaan test, dalam satu Kelompok diikuti 95 peserta dalam satu hari dan akan diikuti lima kelompok. Jadi, dalam sehari bisa mencapai 475 peserta, sedangkan kouta yang diterima untuk kabupaten Bener Meriah hanya 78 orang saja." Ujar Muis.

Dia menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi tes CPNS mengunakan sistem CAT. "Pasalnya dengan sistim tersebut lebih transparan. Sehingga masyarakat tidak berasumsi, bahwa pemerintah bisa bermain untuk meloloskan seseorang atau keluarganya untuk menjadi PNS." Imbuhnya.

Salah sorang peserta tes yang tidak mau disebutkan namanya kepada globalaceh, Rabu ( 22/10 ) mengatakan, proses test CPNS dengan sistim CAT, sangat merepotkan peserta, karena data yang dikirim melalui online begitu rebet.

"Dan yang kami sesalkan, kenapa pelaksanaan testnya harus di BKN Medan. Pasalnya bagi peserta CPNS harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk pergi ke Medan, seperti,
biaya penginapan dan konsumsi selama 9 hari dalam mengikuti tes ujian tersebut," Demikian ujarnya. (GONA)