Iklan

Pulau Sapudi Gelar Kontes Sapi Madura

Sapudi Sumenep, Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke - 745. Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui dinas peternakan Kabupaten Sumenep menggelar Kontes Ternak Sapi Madura Sepuljau Sapudi, pada minggu ( 26, 10 ) di lapangan Gayam Sapudi.
Direktur Pembibitan Peternakan Kementerian Pertanian dan tanaman pangan, Ir. H. Abubakar, SE, MM. Menyampaikan, acara yang kita hadiri saat ini adalah untuk menyaksikan kontes ternak yang dilaksanakan di Kecamatan Gayam pulau Sapudi Kabupaten Sumenep. "Saya menyambut baik acara kontes ternak ini, karena kegiatan ini merupakan ajang penghargaan kepada para peternak yang selama ini telah bekerja keras dalam mengembangkan ternaknya, sehingga patut kita berikan Apresiasi terhadap hasil karya mereka", ucapnya.
Menurut Abubakar, terkait dengan pengembangan ternak sapi melalui kegiatan yang terfokus dan diaplikasikan secara operasional dalam kegiatan penguatan pembibitan sapi asli/lokal di tiga (3) pulau yang terkait yakni, pulau Sapudi di Kabupaten Sumenep asli madura, pulau raya di Kabupaten Aceh jaya dan pulau Nusa penida dikabupaten Klungkung Provinsi Bali.
Pulau sapudi merupakan salah satu satu pulau yang populasinya tidak mengalami penurunan, berdasarkan hasil sensus ternak sejak tahun 2013 dibandingkan PSPK tahun 2011. Ternak Sapi Sapudi yang telah diakui sebagai ternak terbanyak di Indonesia yakni mencapai, 345. 682 ekor sapi. Bahkan terpadat di kabupaten Sumenep yang sebagian besar berada dipulau Sapudi sekitar 49 Ribu ekor. Sebagai wujud nyata seleksi ternak.
Kami sangat mengapresiasi kepada pemerintah kabupaten Sumenep yang telah mendapatkan dukungan penuh dari dinas peternakan propinsi Jawa timur. Khusus kabupaten sumenep sebagai pemilik terpadat dan terbaik di Indonesia. Bahkan kabupaten Sumenep populasi di pulau Sapudi 49000 ekor. Dan terpadat populasinya di Dunia.
"Rumpun sapi Madura yang merupakan salah satu sumber daya genetik hewan lokal Indonesia yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian dalam pengelolaannya perlu menerapkan perinsip - prinsip perbibitan dan metode uji performence. Khususnya dipulau Sapudi sebagai Pemurnian Sapi Madura", jelas Abubakar.
Sebelum kami akhiri sambutan ini, Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada pemerintah provinsi Jawatimur dan Pemerintah kabupaten sumenep beserta jajarannya atas komitmennya selama ini. Sehingga sapi Madura dapat berkembang dengan baik Dalam rangka penyediaan daging khususnya daging sapi Madura.
Yang tak kalah pentingnya adalah Memperhatikan potensi yang ada dipulau Sapudi dengan melaksanakan kegiatan yang dirancang secara berkelanjutan.
Kepada para peternak saya pemenang kontes saya ucapkan selamat, tidak lupa ucapan selamat pula kepada tim juri dan panitia pelaksana atas kontes ternak sapi madura yang telah berjalan dengan baik.
Kepada peternak yang belum berkesempatan berpredikat sebagai juara saat ini, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan atas peran sertanya pada acara ini. semoga dilain waktu bisa berkesempatan sebagai pemenang dengan melakukan pemeliharaan ternak secara optimal.
Ir. Arief Rusdi, MSi Kepala dinas Peternakan Kabupaten Sumenep menyampaikan, kontes Sapi Madura se Pulau Sapudi merupakan Kontes ke dua yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep. Kehadiran
Bersama rombongan Tim Inseminasi Buatan Singosari Pasauruan, Peneliti dari IPB ( Institut Pertanian Bogor ), Kepala Dinas Peternakan Propinsi Jawatimur yang diwakili Kepala bidang RPT dan Hewan lain, Ir. M. Tjahjono, SK, MM. Adalah merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Sumenep dan pulau Sapudi khususnya karena mendukung sepenuhnya terhadap program - program Peternakan khususnya pengembangan pembudidayaan dan pembibitan Sapi Sapudi.
"Kiranya kita patut bersyukur kehadirat Allah SWT. Dan berterimakasih yang tiada terhingga kepada rombongan baik pusat Bogor maupun dari Propinsi Jawatimur. Selayaknya kita harus membuktikan kepada mereka bahwa apa yang ditularkan baik ilmu dan juga bantuan agar dipelihara dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya", jelas Rusdi.
Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai ajang promosi Sapi madura yang ada di pulau Sapudi. Selain itu. Tujuannya adalah untuk memperkuat pulau Sapudi sebagai Centra Sapi Madura dan sebagai Icon Sapi Nasional. Kontes ini sebagai ajang silaturrahmi antar Peternak, yang didalamnya ada dialog dan tukar pengalaman sesama peternak.
Peserta kontes terdiri dari 120 peserta dengan hasil seleksi berjumlah 76 peserta.
Juri kontes berasal dari dinas peternakan propinsi Jawa timur. Balai inseminasi singosari pasuruan, serta Tim dari dinas peternakan kabupaten Sumenep.
Kepada para pemenang diberikan hadiah berupa, Televisi, piala dan piagam yang terdiri dari Juara I Juara II dan Juara III. (any)