Iklan

Tebang Pilih, Pembagian Bantuan Beasiswa Miskin di SD Bukit Seulemak

LANGSA -  Penyaluran bantuan beasiswa bagi siswa miskin, di Sekolah Dasar (SD) Bukit Seulemak,  Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur tahun 2013,  tidak adil dan tidak transparan. Pasalnya, penyaluran beasiswa miskin diduga hanya dibagikan bagi anak-anak dewan guru dan saudaranya saja.  Sedangkan siswa miskin lainnya,  banyak yang tidak mendapatkannya dan terkesan tebang pilih.

Hal ini disampaikan, salah seorang warga Gampong Bukit Seulemak, Amir Husin B, kepada globalaceh.com,  Rabu, (22/10) mengatakan,  anaknya yang duduk dibangku kelas VI belum pernah mendapatkan beasiswa miskin tersebut, padahal anaknya sudah mendapat rekom dari pihak sekolah,  yang menjelaskan bahwa anaknya tergolong anak kurang mampu.


Dijelaskannya, ketika dirinya mempertanyakan permasalahan itu kepada Kepala Sekolah SD Bukit Seulemak, dan  kepala sekolah tersebut mengatakan,  bahwa anaknya telah dimasukan kedalam daftar penerima bantuan beasiswa miskin." Tapi anehnya, ketika saya cek kembali ke pihak sekolah nama anak saya tidak ada didalam daftar penerima beasiswa tersebut." Ungkap Amir.


Diakuinya, ketidakadilan penyaluran beasiswa miskin ini bukan hanya pada anaknya saja, tapi juga dialami beberapa anak masyarakat miskin lainnya," Kami hanya butuh keadilan dan jangan pilih kasih terhadap penyaluran beasiswa miskin tersebut," harapnya. 


Ironisnya lagi, ada beberapa siswa yang sudah mendapatkan bantuan miskin tersebut kini mendapatkannya lagi, ini karena ada kedekatan dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan beberapa dewan guru." Seharusnya, pihak sekolah bisa melihat dengan jeli mana siswa-siswa miskin yang belum menerima beasiswa miskin tersebut." Cetusnya.


Lanjutnya, atas ketidakadilan penyaluran beasiswa miskin ini dan bukan hanya ianya saja melainkan ada beberapa masyarakat lain yakni,  Kamarudin, Matsah, Yusra, Ibrahim, Akup dan Abu Mukim." Dan pihaknya juga telah menyurati Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur untuk mempertanyakan penyaluran beasiswa tersebut. Serta meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk memberikan sangsi tegas kepada pihak sekolah atas ketidakadilan penyaluran beasiswa miskin itu." Tegasnya.


Sementara itu, Kepala Sekolah SD Bukit Seulemak, Muhammad Husin, saat dihubungi melalui selulernya, menjelaskan,  bahwa beasiswa miskin tersebut sudah dibagikan kepada siswa yang berhak menerimanya." Dan, dalam penyaluran beasiswa miskin ini, pihak sekolah telah mengusulkan semua siswa-siswi miskin untuk mendapatkan beasiswa tersebut, akan tetapi yang menyeleksi siapa-siapa saja yang mendapatkan beasiswa tersebut adalah Dinas Pendidikan Aceh Timur." Pungkas Muhammad. (N- 70)