Iklan

Dandim Aceh Timur Dukung Program Tanam Kedelai

ACEH TIMUR - Komandan Kodim 0104/Aceh Timur, Letnan Kolonel Infanteri Mahesa Fritriadi, bersama dengan pihak Dinas Pertanian dan Hortikultura, melakukan penanaman kedelai di Desa Rawa Pakis, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (13/11/14). 

Dalam acara tersebut, dihadiri pihak Muspika setempat, para kepala desa, tokoh masyarakat dan juga sejumlah kelompok tani yang ada dalam wilayah kecamatan berkatagori kaya sumber daya alamnya.

Letnan Kolonel Inf Mahesa Fritriadi, menyampaikan bahwa kegiatan penanaman kedelai ini dalam rangka mendukung pemerintah untuk mensukseskan program ketahanan pangan. Tanaman kedelai merupakan komoditi yang permintaannya terus meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan dalam upaya peningkatan kwalitas hidup. 

"Hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah dan kami TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional," terangnya lagi.


Lebih lanjut Dandim juga mengharapkan agar masyarakat makin bersemangat memanfaatkan lahan kosong ataupun kebun yang selama ini tidak diurus, atau tidak menghasilkan sehingga menjadi lahan yang produktif karena kalau digarap akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Aceh memiliki tanah yang subur dengan berbagai potensi sumber daya alam didalamnya. "Dahulu, sektor pertanian di Aceh pernah menorehkan sejarah tentang ketahanan pangan yang kuat dan sangat berpotensi sebagai salah satu wilayah lumbung pangan, yang mampu menopang ketahanan pangan nasional bahkan hingga ke manca negara," jelas Dandim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur, mengucapkan rasa terimakasih kepada Dandim, yang telah turut memotivasi dan mendorong petani untuk terus memacu pembangunan di daerah ini demi mempercepat kesejahteraan rakyat, serta terus berupaya menggerakkan usaha tani kedelai melalui optimalisasi pemanfaatan lahan sawah dan lahan tidur. 

"Kami sangat mengapresiasi terhadap Dandim yang memberi dukungan untuk bantuan program budidaya kedelai ini di Kabupaten Aceh Timur," pungkas Ir. Sanusi, MM.(F75)