Iklan

Hujan Lebat Mengguyur Acut, Sejumlah Desa Tergenang Banjir

Aceh Utara - Sejumlah desa, pada tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh, dilaporkan mulai tergenang banjir sekitar 30 hingga 50 sentimeter. 

Hujan lebat yang mengguyur Aceh Utara , Selasa (11/11/2014) telah berdampak terjadinya banjir luapan di sejumlah kecamatan dalam kabupaten tersebut. Tak hanya itu, beberapa titik ruas jalan penghubung antar Kecamatan dilaporkan juga ikut tergenang.

Informasi yang diterima oleh sumber Globalaceh, kawasan yang dilanda banjir genangan itu yakni,di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara terendam. Kondisi ini diperparah akibat luapan air sungai Krueng Keureutoe dikawasan tersebut. Adapun, desa-desa yang terendam banjir tersebut yaitu Gampong Tumpok Barat, Parang Sikureung, Lawang, Alue Entoek, Tanjong Kari, Meuria, Hagu, Alue Thoe, serta Gampong Dayah Baro dan Seureuwek.

Amatan media ini , hingga saat ini desa-desa tersebut masih terendam banjir yanag tingginya 30 centimeter. Banjir juga menggenangi sebagian desa di wilayah Kecamatan Paya Bakong.

Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara , dimana, terlihat sungai Jambo Ayee yang bermuara di Sungai Arakundo, Aceh Timur meluap. Sehingga, ada di beberapa titik terlihat air menggenangi rumah ataupun halaman rumah warga. Seperti daerah Dusun Bidadari, Dusun Tanah Merah, dan Dusun Simpang lima.

Dari hasil pantauan dilokasi, ternyata air tersebut merupakan air kiriman dari Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Ketinggian air mencapai sekitar 1 (satu) meter. Dan kabarnya air akan terus naik. Alhasil, jalur akses hubungan terputus. Karena jalan menuju daerah tersebut ikut terendam air. Ini dapat terlihat di antara jalan Dusun Bidadari dan Tanah Merah terendam air setinggi lutut orang dewasa.

BPBD Aceh Utara akan mengirimkan bantuan

Sementara, Munawar Ibrahim, selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Aceh Utara, kepada sejumlah Wartawan yang menghubungi nya, mengatakan, telah menerima informasi tentang banjir.

Menerima informasi tentang banjir di daerah, Desa Lubok Pusaka dari pihak Kecamatan tersebut ." Dan saat ini kami telah mengirimkan 6 personil dan 1 bot karet untuk alat evakuasi, ke daerah itu," demikian Munawar. (Rj)