Iklan

KORAMIL 19/ Sungai Raya Aceh Timur Giatkan Budidaya Tanaman Cabai

ACEH TIMUR - Dalam rangka mensukseskan program gerakan mandiri tentang ketahanan pangan nasional, Komando Rayon Militer (Koramil) 19/Sungai Raya, Dim 0104/Aceh Timur, melaksanakan kegiatan
pengembangan budidaya tanaman cabai, dan untuk kegiatan pengembangan tahap awal dilakukan pada lahan pekarangan Koramil setempat. 

"Munculnya inisiatif melaksanakan kegiatan pengembangan budidaya tanaman cabai, berdasarkan petunjuk dan arahan dari Komandan Kodim 0104/Atim, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan ditingkat komando satuan dan teritorial, serta diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran dan peran serta para pihak masyarakat untuk menghasilkan kebutuhan pangannya sendiri," ungkap Danramil 19/Sungai Raya, Lettu Inf. M. Lumban Raja, saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (20/11/14). 

Dia juga menyampaikan, bahwa saat ini seluruh lahan pekarangan Koramil 19/Sungai Raya, telah di penuhi oleh tanaman cabai sebanyak 2.500 batang, dan penanamanya menggunakan sarana media tanam, berupa polibag.

Menurut Danramil yang sangat hobby bertani dan berkebun tersebut, program yang sengaja di galakkan dengan menggunakan anggaran dari kocek pribadinya sendiri itu, sangatlah besar sekali mamfa'atnya, selain mampu menjamin ketersediaan bahan pangan untuk kebutuhan rumah tangga, juga sangat efektif untuk mengurangi beban ekonomi rumah tangga.

"Budi daya tanaman cabai merupakan salah satu usaha agribisnis yang sangat menjanjikan, bahkan bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan apabila dijalankan dengan serius dan professional," terangnya.

Tambahnya lagi, permintaan pasar terhadap komoditas cabai terbilang sangat tinggi dan memiliki jangkauan pemasaran yang sangat luas, serta dihadapkan dengan tingkat kebutuhan akan terus meningkat, sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dan semakin berkembangnya jumlah industri yang memerlukan cabai.

"Jika program tahap awal ini, bisa berjalan dengan baik, rencananya nanti kita akan melakukan sosialisasi ke pihak masyarakat yang ada di Kecamatan Sungai Raya, sehingga diharapkan munculnya komunitas masyarakat yang mandiri pangan dan tidak lagi tergantung impor," demikian kata Lettu Inf. M. Lumban Raja. (F- 75)