Iklan

Pemko Langsa Gelar MTQ Ke VII

LANGSA - Walikota Langsa, Usman Abdullah,SE, membuka ‎Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke VII tingkat Kota Langsa, yang diikuti oleh, 193 Qori dan Qoriah  dan 15 orang official dengan 12 cabang yang dimusabaqahkan,  Selasa (11/11) malam di Lapangan Merdeka Langsa.

"Daerah kita yang begitu dikenal dengan Serambi Mekkah, sangat Islami. Namun pada kenyataannya, masyarakat  kita  masih   banyak melupakan nilai-nilai  yang terkandung dalam Al-Qur'an itu sendiri, sehingga kadang-kadang tidak jarang kegiatan MTQ seperti ini sering diabaikan. Bahkan kemampuan membaca dan mengamalkan Al-Qur'an  sangat minim. Dan, lebih parahnya lagi, masyarakat  lebih antusias mengunjungi hiburan pasar malam, santai di caffee dari  pada  menghadiri kegiatan  MTQ  seperti ini." Ujar Walikota Langsa, Usman Abdullah.

Pelaksanaan MTQ ke-VII Kota Langsa yang kita laksanakan ini, merupakan event  tahunan pemerintah daerah, dan bukan acara seremonial saja, akan tetapi dalam rangka menjaring bibit Qori dan Qoriah yang berprestasi nantinya sebagai duta Kota Langsa." Kedepan semua pihak terkait dalam pelaksanaan kegaiatan MTQ, hendaknya lebih terprogram dengan baik,  sehingga  mengetahui potensi-potensi yang  dapat kita kembangkan dan kita tonjolkan guna mendapatkan kesempatan, mengembangkan  diri  ketaraf  yang lebih baik lagi." Harapnya.


Dia menambahkan, untuk membuat kita lebih memacu diri, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan yang lebih baik.  Sehingga nantinya akan banyak utusan-utusan yang dapat mewakili Provinsi  untuk berlomba di level nasional maupun internasional.

Pemerintah  Kota  Langsa, selama  ini  giat melakanakan berbagai kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan syariat  islam, diantaranya mengajak pelaksanaan safari  magrib   dansafari subuh  di Mesjid- mesjid,  dilingkungan Kota  Langsa  bagi  para PNS dan staf serta berbagai komponen masyarakat, demikian pula kegiatan gotong royong di gampong-gampong." Semua  ini  merupakan  wujud pemerintah daerah untuk meningkatkan ajaran agama islam, jalinan silaturrahmi, dan meningkatkan kebersamaan dalam hubungan dengan Allah dan sesama muslim.  Semua  ini perlu kita  dukung  dan kerja sama yang lebih  maksimal, karena hal ini memang sudah luntur di kalangan masyarakat." Imbuhnya.
   
Melalui  moment ini, kepada para peserta dan pihak yang  terlibat langsung dalam kegiatan ini,mudah-mudahan  dapat  menunjukkan kemampuan yang terbaik, sehingga kita dapat mengukur dan mengevaluasi diri untuk  pembinaan  prestasi  ke tahap  berikutnya. " Saya berpesan  kepada dewan hakim, agar  dapat   bekerja   dengan   baik, dan memberi penilaian se-objektif  mungkin  sehingga benar-benar  dapat menghasilkan Qari/Qariah,Hafizh/Hafizhah, dan kader-kader ilmu  Al-Qur'an lainnya yang akan dapat mengangkat harkat dan martabat serta nama Kota Langsa pada MTQ Tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional." Pintanya seraya menambahkan, kepada para peserta MTQ kami berharap dapat mengikuti MTQ ini dengan sungguh-sungguh, sehingga  mampu menunjukkan kemampuan terbaik yang dapat di kembangkan melalui pembinaan di masa mendatang.
   
Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke VII, Tgk.H. Kamarullah,S,Ag, menyebutkan ke 12 cabang tersebut yakni cabang tartilul quran diikuti sebanyak 10 orang, tilawah tingkat anak-anak sebanyak 100 orang, tilawah tingkat remaja sebanyak 10 orang, tilawah tingkat dewasa sebanyak 10 orang, cacat netra tidak ada qori-qoriah, qira'ah sab'ah sebanyak 10 orang, hifdhil quran 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz sebanyak 34 orang, tafsir quran sebanyak 6 orang, fahmil quran sebanyak 30 orang, syahril quran sebanyak 30 orang, khattil quran sebanyak 36 orang dan cabang M2IQ sebanyak 7 orang.
   
Dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan sejak 11 hingga 13 November 2014. Sedangkan, untuk menjaga netralitas dan objektifnya dalam memberikan penilaian kepada peserta, maka panitia telah mengundang para dewan hakim dari Banda Aceh, Lhokseumawe dan Kota Langsa. (N- 70)