Iklan

Peringati Hari Pahlawan ke- 69 Di Bener Meriah Tanpa Hadir Legiun Veteran

REDELONG - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, laksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang ke-69. Acara tersebut dipusatkan dilapangan Sekdakab setempat dan diikuti seluruh muspida plus serta para pelajar SD dan SMP. Sedangkan para legiun veteran tidak hadir pada upacara tersebut, Senin (10/11).

Adapun, bertindak sebagai Irup ( Inspektur Upacara ) yakni, Bupati Bener Meriah, Ir. Ruslan Abdul Gani, dan sebagai komandan upacara yaitu, Riswandika, Kabag Umum Setdakab setempat.

Dalam amanat, Kementerian Sosial Republik Indonesia yang dibacakan Bupati Bener Meriah, menyampaikan, sejarah pahlawan bangsa dan Negara Republik Indonesia menunjukan, bahwa untuk mendirikan Negara ini, diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan Jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Bangsa Indonesia telah mencatat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat, komitmen para pejuang pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa kita saat ini, supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajah dan ketertindasan akibat kolonialisme dan Imperialisme.

Sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan pengorbanan yang penuh militan, sikap kesetiakawanan sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial dan batin kita harus memaknai semua itu bukan hanya sekedar ungkapan saja, tapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan disemua aspek kehidupan bangsa dan kehormatan untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang.
Untuk ini, dalam memperingati hari pahlawan ke 69 sesuai dengan tema " Pahlawanku Idolaku " sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian diri.

Namun, apa yang disampaikan, Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani, dengan tema, Pahlawanku Idolaku, tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dalam pelaksanaan upacara peringati Hari Pahlawan Ke-69. Pasalnya, para legiun Veteran tidak diundang pada upacara hari pahlawan itu, oleh pemkab setempat.

Sebagaimana diketahui, para legiun veteran, merupakan pejuang yang seharusnya dilibatkan untuk mengikuti upacara serta memberikan penghargaan dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, terkait hal tersebut, Ketua Legiun Veteran Kabupaten Bener Meriah, A. Niyur, saat dikonfirmasi globalaceh, melalui selulernya, mengatakan, kami merasa sangat heran, kenapa pada upacara bendera tersebut pihaknya tidak dikasih kabar serta undangan." Biasanya setiap tahunya selalu mendapatkan undangan untuk kehadiran. Dan ini semua tidak sesuai dengan sebuah ungkapan '' Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati pahlawanya,'' dan bangsa tanpa pahlawan sama artinya bangsa yang tidak memiliki sebuah kebanggaan. " Pungkasnya.

"Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa di banggakan, maka  bangsa itu adalah bangsa yang tidak memiliki harga diri. Karena itu, sudah sepantasnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut pahlawan akan menjadi sangat penting. karena, akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan motivasi agar bangsa ini terus bangkit, menjadi suatu bangsa yang bisa di banggakan. ( Gona )