Iklan

Aceh Utara Dikepung Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

ACEH UTARA - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Utara selama sepekan terakhir ini menyebabkan banjir di Tiga Kecamatan di Wilayah Teungah Aceh Utara. Banjir kali ini terparah dibandingkan banjir pada Rabu lalu yang hanya menggenangi beberapa Desa saja.

Banjir dengan ketinggian air rata-rata 60 CM /setinggi Lutut dewasa mulai merambah ke pemukiman dan rumah-rumah warga sejak pukul 10:00 WIB, Jum'at (19/12).

Sementara Kecamatan yang digenangi banjir Luapan air Sungai meiputi Kecamatan Langkahan, Kecamatan Lhoksukon dan Kecamatan Matang Kuli .
Terkait bencana ini, Ketua TIM SAR Aceh Utara, Dahlan, mengakui bahwa pihaknya belum bisa menerjunkan TIM untuk mengevakuasi warga dilokasi banjir Lhoksukon. Pihaknya hanya fokus banjir di Kecamatan Langkahan.

"Kita bukan tidak peduli terhadap banjir di Lhoksukon, namun kita masih sibuk mengevakuasi korban banjir terparah di Kecamatan Langkahan. Ketinggian air disana mencapai dua meter lebih," ujar Dahlan.

Hal senada juga disampaikan Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar Ibrahim SE. Menurutnya, banjir di Lhoksukon dan Matang Kuli belum separah banjir di Kecamatan Langkahan. Oleh karena itu, pihaknya memfokuskan terlebih dahulu pada banjir di Langkahan.ujarnya

Ratusan warga Gampong Leubok Pusaka yang mengungsi di rumah -rumah perbukitan dan ada di sekolah SD 8 Tanah Merah kecamatan Langkahan.
Mereka memilih tempat itu untuk mengungsi air masih menggenangi rumahnya mencapai 1,5 meter dan diperkirakan air akan terus naik.

Amatan globalaceh, com , Tim SAR Aceh Utara dan BPBD, PMI, Tim medis sudah di TKP membantu warga korban banjir di Tanah Merah dan dibantu personil Koramil Langkahan dipimpin oleh Danramil Langkahan Kapten Sarman.
Saat ini tim medis juga sudah menyediakan obat-obatan untuk warga yang mengunsi dan Tim SAR juga sudah menyediakan Boat karet utk membantu warga dan dari Kodim 0103/Aut sudah menyediakan 1 Baot karet dan Tenda TNI dan dapur umum untuk korban banjir. 

Pada pukul 16:30 wib rombogan anggota DPRK Aceh Utara tiba di Gampong Buket Linteung guna mengunjungi tempat pengusian dan para rombongan selesai mengunjungi di tempat pegusiaan di buket Linteung kemudian mengarah ke Desa Lubok Pusaka, Tanah Merah, Langkahan.

Pada pukul 15:00 WIB, Ketua DPRK Aceh Utara Ismail A Jalil, didampingi para Wakil Rakyat, menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Buket Linteung ,Beras 10 sak, Gula 20 kg, 20 pasang baju, Minyak makan 20 kg, Kecap 1 dus, Saos indofood 2 dus, pempers anak2 4 dus. Sedangkan untuk Lubok Pusaka juga diberikan bantuan yang serupa. (Rj)