Iklan

Banjir di Abdya Sudah Surut Kembali

ACEH BARAT DAYA - Banjir yang merendam beberapa Gampong di kecamatan Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Sabtu (20/12) malam, kini kondisinya sudah normal kembali. 

Banjir dengan ketingiaan air mencapai 2  meter kini tinggal beberapa centi meter saja di halaman rumah. bahkan sejumlah badan jalan yang sebelumnya sempat lumpuh akibat tergenang banjir, kini sudah bisa dilalui oleh kendaraan.
Pantauan Globalaceh.com Minggu (21/12) pagi, aktivitas warga pun sudah mulai normal kembali. Akibat banjir tersebut menyebabkan ratusan rumah di lima Gampong di kecamatan Tangan-tangan terendam banjir. Selain rumah warga yang terendam banjir juga merendam puluhan hektare persawahan milik warga yang baru ditanami padi di beberapa kecamatan lain yang ada di wilayah Abdya.

Camat Kecamatan Tangan-tangan Ruslan Adly mengatakan, hujan deras yang nyaris tanpa henti sejak kemarin sore hingga malam mengakibatkan lima gampong di kecamatan setempat terendam banjir, antaranya Gampong Pante Gelumpang, Cot Mesjid, Padang Kawa, Drien Jaloe dan Gampong Blang Padang kecamatan setempat.

"Dari lima gampong itu rata-rata terendam semua, cuma satu gampong yang beberapa rumah yang tidak terendam karena tinggi pondasinya," ujar Camat Ruslan Minggu (21/12) pagi.

Hingga saat ini kata Ruslan, pihaknya sedang melakukan pendataan yang real untuk dilakukan penyaluran bantuan korban banjir. "Saat ini bantuan belum disalurkan oleh pemerintah setempat karena kami sedang melakukan pendataan korban banjir, di lima Gampong tersebut," ujarnya.

Sebagai mana yang diberitakan sebelumnya, banjir dengan ketinggian air mencapai 2 meter, juga bamjir melanda sejumlah Gampong lain, seperti Gampong Drin Jaloe dan Gampong Padang Kawa Pante Geulumpang, dan Blang Padang dengan ketinggian air 1,5 meter.

Banjir yang menimpa di kawasan setempat bukan rumah warga saja yang terendam banjir, namun ratusan sak semen yang baru diantar oleh supleyer untuk material proyek irigasi yang sedang dikerjakan juga terseret arus banjir.
Beruntung dalam musibah banjir ini tidak ada korban, dan kerugian warga akibat banjir hingga saat ini belum dapat diperkirakan pemerintah setempat.

RATU