Iklan

Banjir Kepung Kota Langsa

LANGSA - Akibat diguyur hujan deras terus menerus dalam beberapa hari ini, hampir sebahagian kampong dan kecamatan dalam wilayah Kota Langsa dikepung banjir. Hujan menguyur Kota Langsa, sejak Kamis sore hingga, Jumat (18/12/14) pagi.

Wakil Walikota Langsa, Drs.Marzuki Hamid,MM didampingi Asisten Pemerintahan, Suriyatno,AP.M.Sp, meninjau langsung beberapa kampong yang dilanda banjir.

Wakil Walikota Langsa, Drs.Marzuki Hamid, MM, saat meninjau banjir di kampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur kepada Globalaceh.com mengatakan, bahwa berdasarkan informasi yang diperolehnya dari camat untuk Kecamatan Langsa Timur ada empat kampong yang terendam banjir yakni Cinta Raja, Sukarejo, Simpang Wie dan Madang Arak," empat kampong yang terendam banjir tersebut, kampong Cinta Raja yang paling parah dilanda banjir, hampir 90 persen rumah penduduk terendam banjir," katanya.

Dijelaskannya, untuk langkah awal dalam menanggulangi banjir yang melanda sebahagian Kota Langsa, maka pemerintah akan melakukan pendataan kampong-kampong mana saja yang terendam banjir dan apakah ada korban jiwa. Lalu, kita juga memberikan bantuan tanggap darurat.

Setelah itu, kita akan mencari solusi terbaik untuk jangka pendek dan jangka panjang, agar wilayah Kota Langsa tidak lagi dilanda banjir. Dan, untuk kita ketahui bahwa banjir yang melanda sebahagian wilayah Kota Langsa, selain disebabkan tingginya curah hujan juga dikarenakan pasangnya air laut dan tidak berfungsinya saluran-saluran parit yang ada.

Karenanya, ia memghimbau kepada seluruh warga Kota Langsa untuk tidak membuang sampah kedalam parit dan selalu bergotong royong membersihkan parit-parit yang ada di kampongnya masing-masing, ini juga salah satu untuk mengatasi banjir.

"Coba kita lihat saja hampir saluran yang ada tidak berfungsi, sehingga airnya meluap ke jalan dan masuk ke rumah-rumah warga," demikian jelasnya seraya menambahkan geuchik harus bertanggung jawab terhadap parit yang ada di kampongnya masing-masing.
 
Dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga Kota Langsa untuk tetap waspada karena diperkirakan curah hujan masih panjang." Dan, kepada korban banjir untuk tetap bersabar karena ini merupakan cobaan dari Allah SWT." Pinta Marzuki.


Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Langsa, Marzuki menyerahkan bantuan kepada warga kampong Cinta Raja berupa mie instan 10 kotak, telur 10 papan, minyak goreng 5 kilogram, gula pasir 5 kilogram, kacang hijau 5 kilogran, susu kaleng 4 kaleng, susu SGM 4 kotak dan saus 15 botol
Seperti diketahui, kampong- kampong yang terendam banjir yakni Cinta Raja, Sukarejo, Simpang Wie dan Madang Arak, kampong Alue Dua Bakaran Bate, Paya Bujuk Seulemak, kampong Lhok Bani, Sungai Pauh, Matang Seulimeng, kampong Seulala, Pondok Pabrik, kampong Lhok Bani, Sungai Pauh dan Matang Seulimeng. (N- 70)