Iklan

Cuaca Buruk, Nelayan Enggan Melaut

ACEH TIMUR - Dalam beberapa pekan ini, para nelayan enggan melaut karena kondisi cuaca sangat buruk. Apabila dipaksakan untuk melaut resikonya pun sangat tinggi karena cuaca yang tidak mendukung.

Seperti kejadian beberapa minggu lalu, yang menimpa awak boat KM. Raver, saat memasuki kuala boat tersebut karam diterjang ombak." Alhamdulillah, berkat bantuan sesama nelayan akhirnya proses evakuasi yang memakan waktu 6 jam berjalan lancar. Akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan hanya mengalami kerugian yang diperkirakan puluhan juta," Ujar Rahmatsyah, koordinator Nelayan Simpang Tiga Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur, Jumat (26/12/14).

Dia menambahkan, akibat cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa pekan ini, sudah seminggu lebih para nelayan setempat tidak pergi melaut.

"Mereka terpaksa menyandarkan boatnya dengan alasan tak ingin beresiko diterjang ombak besar saat melaut. Selain cuaca buruk, mereka juga mengeluhkan sulitnya menjaring ikan saat melaut belakangan ini." Demikian imbuhnya seraya berharap cuaca segera membaik agar nelayan kembali melaut dan ketersediaan ikan di pasaran terjaga. Dengan begitu, harga ikan pun kembali normal. (@Redaksi)