Iklan

Hama Tikus Serang Tanaman Padi Petani di Abdya

Ilustrasi
ACEH BARAT DAYA – Petani di Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) saat ini mengeluhkan kondisi tanaman padi yang diserang hama tikus. Serangan hama ini cukup parah dan membuat petani ketar katir karena terancam gagal panen.

“Sebagian besar sawah warga terserang hama tikus. Persoalan ini,  membuat petani cemas karena berimbas pada hasil panen,” ucap Camat Blangpidie, Adnan, SH kepada globalaceh. com,  Jumat (19/12).


Camat mengatakan, hama tikus menyerang padi petani di Kecamatan Blangpidie sejak padi mulai tumbuh dengan subur, tiba-tiba sudah diserang tikus, bahkan tanaman padi terancam mati. “cara tikusnya menyerang tanaman padi dengan memotong batang padi pada malam hari,”sebutnya.


Dikatakan Camat, hama tikus memang sangat sulit dibasmi kecuali dengan berdoa dan kenduri blang. "Petani sudah berusaha membasmi hama tikus termasuk menggali lobangnya dan meracun tapi juga tidak efektif. Maka dari itu, kepada pihak terkait supaya membantu petani mencari solusi bagaimana tikus-tikus itu dapat dibasmi. “Dinas Pertanian harus membantu petani membasmi hama dimaksud,”pintanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Petanian dan Peternakan Abdya, Ir Adusmin Umar, MM yang dihubungi wartawan mengakui, adanya hama tikus dan ulat mulai menyerang tanaman padi di sejumlah kecamatan tersebut dan akan  segera ditangani untuk dibasmi.


"Saya menghimbau kepada petani supaya melaporkan kepada penyuluh, selanjutnya dibuat HO (permohonan) pengambilan obat-obatan di dinas,”ujarnya.


Adusmin mengakui, selain hama tikus yang menyerang padi petani di Kecamatan Blangpidie juga hama ulat yang menyerang padi petani di kecamatan lain seperti kecamatan Lembah Sabil dan kecamatan Manggeng, meskipun sudah mulai diserang hama ulat namun belum begitu parah dan masih bisa diatasi, kata Adusmin menjawab telpon wartawan sembari ia mengaku sedang dalam perjalanan menuju Banda Aceh. “saya lagi dalam perjalanan menuju ke Banda Aceh,”demikian singkatnya menjawab telpon wartawan.

RATU