Iklan

Ini Kata Tgk Meulaboh : Jika Bendera Bulan Bintang tidak dikibarkan, Lebih bagus disimpan sebagai bendera pusaka perjuangan GAM

Aceh Timur, Globalaceh, com - Pemerintah Aceh dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur, untuk terus memperjuangkan butir- butir MoU Helsinki yang belum terealisasi. Karena MoU merupakan amanat dari perdamaian Aceh.

Hal ini disampaikan, Samsuri alias Tgk Meulaboh Panglima Sagoe 76 Rambong Payong Wilayah Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Kamis (4/12/14) lalu, usai acara doa bersama dan santunan anak yatim  dan tepung tawar mantan kombatan GAM dan bendera Bintang Bulan, pada acara Milad Gam ke 38, di Desa Jengki Peureulak Timur. Aceh Timur.

Ratusan mantan combatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Sagoe 76 Rambong Payong, dipeusijuk (Ditepungtawari_Red) oleh Tgk. Azkia, Pimpinan Pasantren Babul Muarif Qanatul Ulum Diniah Islamiah." Para mantan combatan GAM tersebut ditepungtawari agar selalu semangat dan tidak pernah berhenti dalam berjuang supaya butir- butir MoU Helsinki yang belum terealisasi agar cepat terealisasi. Seperti  belum dibolehkan atau disetujui oleh pemerintah Pusat untuk mengibarkan bendera bulan bintang . Dan pihaknya juga tidak ingin bendera bulan bintang tersebut dirubah dengan bentuk lain," ujar Tgk Meulaboh.

Menurutnya, pergantian bendera Aceh (Bulan Bintang_ Red)  dengan bendera alam peudeung tidak sesuai dengan amanat MOU . " Jika bendera bintang bulan tidak dikibarkan,  lebih bagus bendera ini disimpan sebagai bendera pusaka perjuangan GAM selama 38 tahun, jangan diganti dengan bendera alam peudeung," ujar Tgk  Meulaboh.

Selain itu,  pemerintah Aceh saat ini harus merealisasikan MoU Helsinki untuk kesejahteraan masyarakat Aceh, karena MoU merupakan marwah perjuangan yang tidak bisa diputarbalikkan lagi, " MoU Helsinky harga mati untuk kemakmuran Rakyat Aceh, " kami dari Sagoe 76 meminta Pemerintah Aceh untuk terus membangun Aceh kearah lebih maju dan juga memperhatikan mantan kombatan, dalam hal ini pemerintah Aceh harus membuka lapangan kerja selebar-lebarnya kepada para mantan kombatan seperti yang telah tersebut dalam MoU Helsinki, "ujar Tgk Meulaboh seraya mengatakan bahwa perdamaian Aceh juga harus dilestarikan hinga ke anak cucu nanti.

Tgk Meulaboh, selaku panglima Sagoe 76 Peureulak menolak pergantian bendera bulan bintang dengan bendera alam peudeung, " kita sangat mengharapkan kepada Pemerintah Aceh untuk terus memperjuankan MoU Helsinki, karena MoU Helsinki merupakan lambang perdamaian Aceh yang harus direalisasikan setelah 9 ( Sembilan) tahun lebih Aceh damai, " demikan kata Tgk Meulaboh. (@Redaksi)