Iklan

Kopassus Latih Pramuka untuk Bantu Warga Jakarta Hadapi Banjir

JAKARTA - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat (TNI AD) dipercaya menjadi pembina Pramuka seluruh DKI Jakarta dalam kegiatan bertema "Gelang Ajar Pembina Pramuka Kwatir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta Tahun 2014". Acara ini dibuka di lapangan Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (6/12/2014).

Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal Doni Monardo, memimpin jalannya kegiatan tersebut. Sedianya, acara ini akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Namun, pria yang akrab disapa Ahok tersebut tak jadi datang.


Kepada wartawan, Doni menyatakan ini merupakan kali pertama Kopassus dipercaya membina Pramuka di DKI. Melalui kegiatan ini, lanjut Doni, Kopassus bisa berbagi materi pembinaan bagi Pramuka untuk menghadapi keadaan saat ini, seperti penanggulangan banjir.


"Kita bisa memberikan imbauan pada peserta untuk mengingatkan diri, mengingatkan masyarakat kita agar hati-hati menghadapi musim hujan, kemungkinan nantinya ada pohon yang tumbang, kemudian banjir, jangan sampai timbul korban karena tidak hati-hati," kata Doni.


Doni juga menyatakan, Kopassus bisa memberikan pelatihan dalam bentuk kebersamaan, disiplin, dan ketangguhan bagi pramuka pada kondisi sekarang ini. "Misalnya mau hujan, banjir, angin kencang," ujar Doni.


Sekitar 700 lebih anggota Pramuka dari lima wilayah DKI Jakarta, hadir di acara tersebut. Hanya perwakilan Pramuka dari Kepulauan Seribu yang tak bisa hadir lantaran cuaca laut yang sedang buruk.





 

Kompas.com