Iklan

Mukim Terpilih diduga Gunakan Ijazah Palsu

ACEH UTARA - Pemilihan Imum Mukim Kota Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (25/11/2014) pekan lalu, menuai protes. Pasalnya, disinyalir Mukim terpilih tersebut menggunakan Ijazah Strata Satu (S1) yang legalitasnya Asli Tapi Palsu (Aspal).

Dugaan ijazah palsu milik Tgk. Ilyas mulai menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat Kota Panton Labu, setelah kegiatan pemilihan selesai. Saat itu Tgk Ilyas memperoleh suara terbanyak mengalahkan dua Balon Mukim lainnya.

Tokoh masyarakat setempat, M. Yusuf, kepada Globalaceh, Senin (1/12), menunding, bahwa, keabsahan ijazah yang dilampirkan Mukim terpilih itu, diragukan. Pasalnya, Tgk Ilyas tidak pernah melanjutkan pendidikan baik di tingkat Dasar maupun Menengah Atas .

"Aneh, kok tiba-tiba ia sudah menyandang gelar Sarjana S1," tuding Yusuf.

Panitia Pemilihan Mukim, Sofyan, berkilah, bahwa, jika ijazah Tgk Ilyas memang benar aspal dipersilakan laporkan kepada penegak hukum. Karena, menurutnya selaku panitia sudah menjalankan kegiatan pelaksanaan pemilihan Mukim sesuai dengan petunjuk yang telah ada.

Sementara itu, Mukim terpilih Tgk Ilyas saat dihubungi Globalaceh via telpon selulernya berdalih bahwa, dirinya telah mengikuti sebagai calon Mukim sesuai aturan yang ditetapkan oleh panitia pemilihan,"Kenapa baru sekarang dipersoalkan, kalau mereka tidak ikhlas itu urusan mereka yang jelas semua persyaratan sudah saya selesaikan dan sudah ditandatangani oleh kedua calon dan saksi dalam pemilihan,"demikian ucap Tgk Ilyas. (Ist)