Iklan

Peringati Hari HAM Sedunia, Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa

LHOKSEUMAWE - Bertepatan dengan peringatan hari HAM Sedunia, mahasiswa mengelar aksi unjuk rasa, di Tugu Rencong Simpang Kuta Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. (10/12)

Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa peduli HAM yang terdiri dari BEM FH Unimal, DPM FH Unimal, FKMA (Forum Komunikasi Mahasiswa Aceh), UKM KSM Creative Minority) yang berjumlah sekitar lima puluh orang dengan kordinator lapangan, Muhammad Iqbal Karmadi (Mahasiswa Fakultas Hukum Unimal).

Amatan globalaceh,com, dalam aksinya selain berorasi juga menggelar teaterikal dan membagikan selebaran pernyataan sikap kepada pengguna jalan, yang isinya sebagai berikut, Mendesak Pemerintah Indonesia untuk dapat segera menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM berat di Aceh.

Mendesak Pemerintah Aceh untuk segera membentuk Tim Panitia Seleksi Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh, Mendesak Pemerintah RI dan Pemerintah Aceh untuk fokus memberikan kesejahteraan rakyat Aceh sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh yang berlandaskan pada UUD 1945.

Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat sipil untuk terus mengkampanyekan kepada negara agar menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM berat masa lalu serta mengingat kita semua bahwa Negara harus melindungi (to protect), memenuhi (to fulfill) dan menghormati (to respect) hak azasi warga negaranya guna mencapai kesejahteraan di seluruh lapisan masyarakat.

Pengunjuk rasa juga membentang beberapa spanduk diantaranya sebagai berikut : Usut tuntas pelanggaan HAM, KKR harga mati ,Adili pelanggaran HAM, gantung mereka di Monas, HAM milik semua bukan milik golongan, Eksekutif tidur, Kekerasan HAM masih jadi misteri, Pemerintah jangan pura-pura masa bodoh dengan kasus HAM di Aceh.

Setelah melaksanakan aksinya di Tugu Rencong, pengunjuk rasa melakukan long mars dengan pengawalan aparat Polres Lhokseumawe menuju Simpang Jam dan kemudian membubarkan diri. (Rj)