Iklan

Rekor Tak Terkalahkan Chelsea Patah di Kandang Newcastle

NEWCASTLE - Newcastle berhasil mengalahkan Chelsea 2-1 pada pertandingan lanjutan Premier League di Stadion St James Park, Sabtu (6/12/2014). Ini adalah kekalahan perdana Chelsea pada musim 2014-14.

Raihan tiga angka ini membuat Newcastle naik ke posisi ketujuh klasemen sementara Premier League dengan poin 23 dari 15 pertandingan. Sementara itu, Chelsea tetap berada di puncak dengan perolehan poin 36, unggul enam angka dari Manchester City yang baru memainkan 14 laga.


Meski bermain di hadapan pendukung lawan, Chelsea mencoba mengambil alih permainan sejak menit-menit awal. Skuad asuhan Jose Mourinho itu pun beberapa kali menciptakan peluang di jantung pertahanan Newcastle.


Pada menit ke-20, misalnya, ketika Willian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti seusai menerima umpan Eden Hazard. Sayang, bola tendangan Willian masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Newcastle.


Newcastle mencoba bangkit pada pertengahan babak pertama. Serangan skuad The Magpies lebih banyak dibangun dari sisi kiri pertahanan Chelsea melalui kombinasi Sammy Ameobi dan Remy Cabella.


Peluang emas pertama Newcastle pun tercipta pada menit ke-33. Beruntung bagi Chelsea, kiper Thibaut Courtois dapat dengan sigap menepis bola tendangan Ameobi dari dalam kotak penalti The Blues.


Selepas turun minum, pendukung Newcastle akhirnya bersorak setelah Papiss Cisse mencetak gol pada menit ke-57. Gol tersebut diciptakan Cisse setelah menerima umpan matang Sammy Ameobi.


Gol tersebut membangkitkan semangat skuad Newcastle. Bahkan, pada menit ke-78, skuad asuhan Alan Pardew itu berhasil menggandakan kedudukan setelah Papiss Cisse berhasil mencetak gol keduanya seusai menerima umpan Moussa Sissoko.


Pada menit ke-81, Newcastle harus bertanding dengan 10 pemain setelah Steven Taylor menerima kartu kuning kedua dari wasit setelah melanggar Andre Schuerrle di depan kotak penaltinya.


Kesempatan itu pun mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Chelsea untuk memperkecil kedudukan. Berawal dari tendangan bebas Cecs Fabregas, pemain pengganti Didier Drogba berhasil mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 1-2.


Chelsea terus menekan hingga menit-menit akhir untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, barisan pertahanan Newcastle cukup disiplin dan skor 2-1 untuk Newcastle pun tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.


Menurut catatan ESPN, sepanjang pertandingan, Chelsea menguasai bola sebanyak 66 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 26 usaha. Adapun tim tuan rumah melepaskan tiga tembakan akurat dari sembilan percobaan.


Pertandingan antara Newcastle dan Chelsea tersebut bisa disimak melalui menu LiveScore Kanal Bola Kompas.com versi Mobile atau klik tautan ini.
 

Susunan pemain:
Newcastle: 21-Robert Elliot (31-Jak Alnwick 45); 2-Fabricio Coloccini, 22-Daryl Janmaat, 27-Steven Taylor, 36-Paul Dummett, 7-Moussa Sissoko, 14-Jack Colback, 20-Remy Cabella(9-Papiss Demba Cisse 53), 24-Ismael Tiote, 28-Sammy Ameobi (6-Michael Williamson 83), 17-Ayoze Perez
 


Manajer: Alan Pardew
Chelsea: 13-Thibaut Courtois; 2-Branislav Ivanovic, 24-Gary Cahill, 26-John Terry, 28-Cesar Azpilicueta (3-Felipe Luis 67), 4-Cesc Fabregas, 8-Oscar (14-Andre Schuerrle 61), 10-Eden Hazard, 12-John Obi Mikel, 22-Willian (11-Didier Drogba 67), 19-Diego Costa
Manajer: Jose Mourinho

Wasit: Martin Akitson

Kompas.com