Iklan

Sekretaris KPAK Aceh Utara, dr Mahroza : "Sebanyak 44 kasus penyakit HIV/ AIDS Saat Ini Sedang Ditanganinya."

ACEH UTARA - Memperingati hari HIV/AIDS sedunia, Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Aceh Utara melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi bahaya Narkoba dan melakukan gerak jalan sehat.
 
Banyak cara untuk mencegah penyebaran virus HIV/AIDS selain memeriksakan diri melalui tes HIV, pemakaian alat kontrasepsi juga menjadi hal yang penting yang bisa di lakukan masyarakat.
 
Acara yang mengangkat tema "Cegah dan Lindungi Diri Keluarga Masyarakat Dari HIV dan  AIDS", mengambil tempat di Aula Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (06/12).
 
Wakil Bupati Aceh Utara H. Muhammad Jamil M.Kes saat membuka kegiatan ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjauhkan diri dari Narkoba. Sebab Narkoba sangat berdampak buruk bagi generasi muda.
 
Wabup menegaskan, penyebaran virus mematikan tersebut sangat cepat, apalagi bila warga tidak tahu cara penanganannya. Maka dari itu,anak muda-muda memang sangat rentan terhadap penyakit tersebut. Maka penggunaan alat kontrasepsi menjadi syarat yang sangat penting.
 
Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS/HIV Kabupaten ( KPAK) Aceh Utara, dr Mahroza, menyampaikan tentang penyakit HIV/AIDS. Kata dia, penyakit tersebut sangat berbahaya dan dapat menular. Untuk Aceh Utara, sambungnya, sebanyak 44 kasus penyakit itu yang sedang ditanganinya.
 
"Maka dari itu, agar terhindar dari virus HIV/AIDS saat melakukan hubungan seksual diminta untuk memakai kondom agar lebih aman," pungkasnya.
 
Menurut sumber Globalaceh kegiatan itu diisi dengan pawai jalan santai dengan rute dari kantor Camat kemudian mengelilingi kota Panton Labu sambil membagi-bagikan bunga dan stiker kepada masyarakat dan kepada para pengguna jalaraya. (Rj)