Iklan

Tahun Baru, Panglima TNI Baru

Jakarta- Biasanya tradisi pemerintahaan baru dilantik mengganti seluruh jajaran kabinetnya dari Mentri hingga Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) , Kepala Kepolisiaan Republik Indonesia (Kapolri) . “itu sudah tradisi dalam dunia perpolitikan mengganti mantan kroni-kroni lama yang masih berkuasa di Indonesia.”
 
Kapolri Jendral (Pol) Sutarman akan memasuki masa Pensiun maka empat Komjen persiapkan untuk mengganti pucuk pimpinan Polri. Empat orang Komjen Polisi calon Kapolri yang akan menggantikan Jendral Sutarman yakni Komjen Budi Gunawan, Komjen Suhardi Alius, Komjen Putut Eko Bayu Seno dan Komjen Dwi Priyatno. Ya itu kebijakan atau hak preogratif presiden Republik Indonesia (RI) Joko”Jokowi” Widodo.

Begitu pula jabatan Panglima TNI, selama masa jabatan Panglima TNI Jendral Moeldoko banyak prestasi yang telah di ukir oleh panglima TNI tersebut. MoU (Memorandum of Understanding) kerjasama dengan berbagai negara sahabat.

Barusan yang menghebohkan dunia internasional yakni terjadinya penyerangan markas brimob Polda Propinsi Kepri (Kepulauan Riau) di Tembesi, Batam oleh kesatuan anggota Yonif 134/Tuah Sakti.

Menyebabkan Praka JK Marpaung tewas tertembak. Anggota TNI Yonif 134/ Tuah Sakti sempat mengepung dan menembaki markas Brimob. Wakil Gubernur Kepri yang berada di TKP sempat terkepung. Masyarakat Batam yang melihat situasi ini lalu turun tangan menghalau anggota TNI. Pada tanggal 19 November bulan lalu.

Kurang penjagaan pulau-pulau terluar Indonesia contoh Pulau Delarawan di propinsi Kalimantan Timur , terpantau manusia perahu dari negeri Jiran memasuki pulau tersebut.

Bentrokan TNI-Polri 2014 (Catatan Indonesia Police Watch )
*20 November 2014
 
Anggota Brimob Polda Sumut, Brigadir Beni Sihombing (32) tewas ditikam
oleh Akhir, seorang personel TNI di Binjai. Perkelahian ini nyaris menjadi bentrokan. Sebab di lokasi kejadian sempat terlihat sejumlah
personel Polres Binjai bersiaga dengan membawa senjata laras panjang. Bentrokan bisa dicegah setelah pimpinan TNI-Polri turun tangan.
*19 November 2014
Bentrokan antar anggota Yonif 134/Tuah Sakti dengan Brimob Polda Kepri di Tembesi, Batam membuat anggota TNI, Praka JK Marpaung tewas tertembak. Anggota TNI sempat mengepung dan menembaki markas Brimob.
Wakil Gubernur Kepri yang berada di TKP sempat terkepung. Masyarakat Batam yang melihat situasi ini lalu turun tangan menghalau anggota TNI.
*15 November 2014

Brigadir TN anggota Brimob luka-luka setelah dikeroyok dan ditusuk tujuh lelaki berambut cepak, yang diduga sebagai anggota TNI di Pasar Kembang Yogyakarta. Korban mengalami luka tikaman di bahu dan pinggang kiri. Sementara dahi dan pinggang luka-luka akibat pukulan benda tumpul.

*14 Oktober 2014
Sejumlah personel TNI dan Brimob terlibat baku tembak di Pirime, Lanny Jaya, Papua. Bentrokan terjadi antara personel Brimob dengan anggota
Yonif 756/ Wamena. Dalam bentrokan ini Komandan Pos TNI, Letnan Ali, terluka tembak di kaki. Peristiwa terjadi saat anggota Brimob melakukan sweeping. Saat mengetahui seorang TNI menumpang truk, Brimob membentaknya, sehingga terjadi cekcok.

*29 September 2014
Seorang anggota polisi Aiptu Paulus Lekatompessy tewas dikeroyok di Asrama TNI di kawasan Benteng, Ambon. Pengeroyokan diduga melibatkan seorang anggota TNI Kodam Pattimura bernama Serka JL. Insiden ini
bermula saat korban melayat ke rumah duka yang berada di Asrama TNI di Benteng. Tak jelas masalahnya, korban lalu terlibat perkelahian dengan anggota TNI hingga luka parah dan tewas.

*21 September 2014
Aparat TNI bentrok dengan polisi di Batam. Empat anggota Batalion 134 Tuah Sakti tertembak dan satu kendaraan serta bangunan dibakar. Anggota TNI yang tertembak adalah Pratu AK, Prada HS, Praka EB, dan Pratu ES.

*7 Agustus 2014
Anggota Yon Armed bentrok dengan Brimob di Cipanas, Cianjur, Jabar. Dua TNI dan satu Brimob terluka.

Dua oknum warga negara Indonesia di rekrut menjadi wajid militer di negara Singapura . Dua  orang WNI (warga negara Indonesia) itu kedapatan mengikuti wamil (Wajib Militer) di negara Singapura . Dalam latihan bersama Safkar Indopura, Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Terungkaplah dua orang tersebut warga negara Indonesia bermukim di singapura sebagai mahasiswa.

“Kalau tidak ikut, Ia akan masuk jail (penjara). Satu sisi dia memiliki paspor Indonesia. Kita ada latihan militer bersama Singapura. Setelah masuk Indonesia (dua WNI) ditangkap, lho kamu orang Indonesia menjadi prajurit Singapura,” ungkapnya Jendral Moeldoko. Persoalan ini mendapat atensi dari Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Letjen Ng Chee Meng.

Polemik Pemberhentian Jendral Budiman diberhentikan tiba-tiba sebagai Kepala Staf TNI AD. Dugaan mempengaruhi prajurit agar mendukung pasangan capres tertentu saat Pemilihan Presiden dulu. Budiman baru akan pensiun pada September mendatang, pemberhentian mendadak ini pun memicu berbagai spekulasi. Sebab, pemberhentian dilakukan justru saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta jajaran TNI untuk siaga penuh menjaga keamanan selama pilpres.

Salah satu spekulasi menyebut Budiman dicopot karena dialah perwira tinggi yang diduga menyebut SBY sebagai 'kapal karam'. Soal ini, SBY pernah bercerita bahwa ada pihak-pihak yang menarik-narik sejumlah perwira tinggi untuk berpihak pada capres tertentu.dilansir dari merdeka.com.

"Bahkan ditambahkan, tidak perlu mendengar presiden kalian, kan itu kapal karam yang udah mau tenggelam, berhenti, lebih baik cari kapal baru yang tengah berlayar dan matahari bersinar," kata SBY Juni lalu.

Jendral Budiman pun menepis spekulasi liar tersebut. "Tidak pernah sama sekali (membuat pernyataan SBY kapal karam)," kata Jenderal Budiman di Jakarta, Senin lalu. Menurutnya hal tidak kesatria seperti itu tak mungkin dilakukannya.

Saatnya TNI memiliki Panglima baru
Sebagai catatan selama ini jabatan Kapolri di pegang oleh oknum Jendral polisi yang hampir memasuki masa purna pensiun. (red. sekitar 2-3 tahun). Begitu juga dengan jabatan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Seorang pimpinan harus energik, daya ingat kuat jangan pula banyak yang lupa daripada yang teringat, pikiran fresh, memiliki kemampuan menguasai 2- 3 bahasa asing untuk berkomunikasi dengan panglima TNI dari negara-negara sahabat.

Saya usulkan Mayjend TNI yang masih fresh untuk menduduki jabatan Panglima TNI, dari segi umur yakni Mayjend TNI Andika kini Komandan Paspampres. Mengusulkan boleh itu  hak preogratif presiden .

Mayjend Andika menantunya AM Hendropriyono mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Penasihat Tim Transisi Jokowi-JK.

Andika adalah lulusan Akademi Militer tahun 1987 , kemudian meniti karir di pasukan khusus Kopassus. Penerima Bintang Kartika Eka Paksi itu pernah menjabat sebagai Komandan Peleton Kopassus pada 1987, Dan Unit 3 Grup 2 Kopassus Tahun 1987, Dansub Tim 1 Den 81-Kopassus (Satgultor) Tahun 1991, Dansub Tim 2/3 Den 81 Kopassus Tahun 1995. Andika juga pernah menjabat Danyon 32 Grup 3/Sandyudha Kopassus tahun 2002, Danrindam Jaya Tahun 2011, Danrem 023/KS Tahun 2012, dan Kadispenad pada Tahun 2013.
Ia pernah bertugas di Papua, menjadi komandan rayon militer, dan menimba ilmu kemiliteran di Amerika Serikat. (didi)

Teks foto  I. Mayjend Andika dengan Presiden Jokowi. (foto.net)
Teks Foto II. Jendral Budiman (foto.net)
Teks Foto III. AM Hendropriyono Mantan Kepala BIN (Badan Intelijen Indonesia) (foto.net)

Sumber : Pewarta Indonesia