Iklan

378 Unit Koperasi di Acut Tidak Aktif

Aceh Utara - Sebanyak 378 Unit koperasi yang tersebar di 27 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara, saat ini tidak aktif atau bermasalah.

Hal ini disampaikan, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi Kabupaten Aceh Utara ,Zulkhairi SH, saat di temui Globalaceh,com, pada Kamis (22/01) kemarin.

Menurutnya, itu semua disebabkan faktor konflik internal koperasi Itu sendiri." Dan Koperasi yang tidak aktif dan melanggar ketentuan perkoperasian akan dibubarkan, jika tidak terkait dengan pihak-pihak ketiga," terang Zulkhairi.

"Konflik internal terjadi diakibatkan buruknya sistem pengelolaan koperasi. Sehingga sering terjadi perselisihan diantara sesama pengurus atau anggota koperasi," jelasnya.

Dia menambahkan, apabila koperasi tersebut tidak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) juga kesulitan dalam hal modal usaha, maka koperasi itu sudah dinyatakan tidak aktif atau bermasalah dan akan dicoret dari daftar lembaga usaha didaerah.

Oleh sebab itu, katanya, koperasi yang tidak aktif, akan dibubarkan dan tidak ada lagi pembinaan oleh pemerintah setempat.

Adapun jumlah koperasi saat ini di Kabupaten Aceh Utara hingga Desember 2014 sebanyak 549 unit koperasi. "Sementara, 378 unit koperasi bermasalah, hanya 171 unit koperasi yang berjalan dengan aktif dan juga pihaknya akan memanggil semua pengurus koperasi yang bermasalah." Demikian pungkasnya, seraya mengatakan, rata- rata koperasi yang ada, banyak bergerak di bidang Simpan Pinjam (SPP).(Rj)