Iklan

Unsyiah Kembali Gelar Pameran Job Fair

Banda Aceh- Career Development Centre (CDC) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, kembali menggelar pameran bursa kerja atau Job Fair, yang akan dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh. Acara yang diberi nama Unsyiah Career Day ini digelar selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, 7 dan 8 Maret 2015. 

Pembukaan Job fair tahun ini dibuka oleh Rektor Universitas Syiah Kuala yang diwakili oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan/Alumni Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur. Dalam sambutannya, Pembantu Rektor III mengharapkan agar CDC Unsyiah lebih meningkatkan kerjasama dengan perusahaaan lainnya yang belum punya kesempatan untuk ikut job fair kali ini sehingga nantinya meningkat jumlah perusahaan yang mengikuti Job Fair pada kesempatan yang akan datang. 

"Sesuai dengan perkembangan zaman, masyarakat ekonomi ASEAN mengharapkan pekerja yang mempunyai skill (keahlian) dengan sertifikasi pada bidangnya, maka diharapkan juga CDC Unsyiah agar dapat mengambil peran dengan mengadakan training/pelatihan sertifikasi untuk keahliaan-keahlian yang dibutuhkan pada saat ini." Katanya.

Dalam pembukaan jobfair hari ini juga dihadiri dari para dekan yang ada dalam lingkungan unsyiah dan juga kepala Dinas Tenaga Kerja dan mobilitas Penduduk Provinsi Aceh bapak Ir. Helvizar Ibrahim, M.Si beserta beberapa kabid dari disnakermobduk.
"Peserta Job Fair CDC Unsyiah 2015 yang berhadir pada hari pertama berjumlah sekitar 800 orang yang datang dari berbagai daerah baik dari dalam dan luar Aceh. Berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, jumlah pengunjung hari pertama kali ini lebih sedikit dari job fair sebelumnya walaupun jumlah lowongan yang tersedia jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya." Ujar Ketua CDC Unsyiah, Dr. Farid Mulana, M.Eng, melalui pers realesnya yang diterima media ini, Sabtu, (7/3/15)


Selain itu, katanya, jumlah peluang kerja tahun ini juga tersebar merata untuk semua level lulusan yaitu lulusan SLTA/SMK/D2/D3 dan lulusan S1. Dengan banyaknya lowongan yang tersedia untuk job fair kali ini dibandingkan dengan tahun lalu maka jauh terbuka peluang bagi pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan karena masih minimnya jumlah pencari kerja yang datang pada hari ini atau dengan kata lain saingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih sedikit. 

"Keadaan demikian tentunya masih terbuka peluang yang sangat besar untuk peserta yang belum sempat datang pada hari sabtu ini untuk datang besok pagi (minggu) guna menyerahkan lamaran kerja ke perusahaan yang diminati."Jelasnya. 

Dia menambahkan, beberapa perusahaan yang langsung melakukan "walk in interview" hari sabtu ini seperti Bank Mandiri untuk posisi Officer Development program (ODP) di Ruang Flamboyan lantai 2. PT. Wings Group dan Alfamart juga akan mengadakan interview pada hari Senin, 9 Maret 2015 di Ruang Flamboyan Lantai 3. Juga akan dilakukan tes lanjutan oleh BTPN syariah dan the globe journal dan beberapa perusahaan lainnya beberapa hari berikutnya
Pada Job Fair pada hari pertama ini juga dirangkai dengan seminar dengan tema "charging yourself in electrical industries" yang disampaikan oleh Ir. Sulaiman Daud selaku General Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Aceh. 

Dalam kesempatan ini Ir. Sulaiman Daud menyampaikan informasi tentang peluang dan tantangan dalam mencari kerja dan strategi untuk diterima kerja khususnya dalam kelistrikan, energy dan bidang lainnya. Besok pagi mulai jam 9.00 juga akan disampaikan seminar dengan tema "Strategi Para Pemburu Kerja" yang akan disampaikan oleh Bpk. Agus Herman N dari Generali Indonesia.

"Pada hari pertama beberapa doorprize menarik telah dibagikan kepada para pengunjung yang beruntung. Dan besok doorprize yang lebih banyak lagi juga akan dibagikan. Informasi kegiatan Job Fair di Unsyiah ini secara lengkap dapat di lihat di website www.cdc.unsyiah.ac.id, atau melalui email cdc@unsyiah.ac.id, facebookcdc.unsyiah atau twitter cdcunsyiah. PIN BB 7ED0980B WA 08126004750," demikian pungkas Farid. (@Redaksi)