Iklan

Abu Paya Pasi Ajak umat Islam berbicara dengan baik kepada sesama

Aceh Timur – Menanggapi isu yang menggiring sejumlah nama ulama Aceh dalam kelompok-kelompok tertentu, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanul Huda Aceh Timur, Tgk. H. M. Ali mengatakan tidak baik jika seseorang menjual nama orang lain untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

“Saya tidak pernah menyuruh dan memberikan izin kepada siapapun untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik, apalagi untuk kepentingan pribadi dan golongan,” tegas Tgk.H.M.Ali atau Abu Paya Pasi di Idi, Kamis 28 April 2016.

Menurut ulama kharismatik Aceh itu, tidak baik meminta dan melakukan sesuatu dengan mengatasnamakan orang lain, apalagi menjual nama ulama untuk mengutungkan diri sendiri. “Segala sesuatu harus dilakukan dengan cara yang sopan dan santun,” kata Abu Paya Pasi.

Abu Paya Pasi juga mencontohkan, Fir’aun memiliki sifat sombong dan angkuh. Bahkan Fir’aun mendeklarasikan dirinya sebagai tuhan. ”Fir’aun itu sangat jahat dan sangat buruk, tapi Allah tetap meminta Nabi Musa untuk berbicara dengan Fir’aun secara lemah lembut agar hati Fir’aun lunak,” kata Abu Paya Pasi.

Bahkan Abu Paya Pasi mengajak agar umat Islam untuk berbicara dengan baik kepada sesama. “Jangan sembarangan berbicara, apalagi antar sesama Islam. Bicaralah dengan baik. Jika ada hal yang ingin kita sampaikan kepada seseorang, maka bicaralah dengan baik dan penuh akhlak sebagaimana tutur sapa Nabi Muhammad SAW,” demikian Abu Paya Pasi. (***).