Iklan

Umara sangat membutuhkan Ulama dalam memimpin sebuah daerah, kata Bupati Rocky

Aceh Timur - Bupati Aceh Timur, H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky tetap membantu lembaga non-formal seperti dayah dan balai pengajian.

Komitmen itu dilakukan mengingat lembaga tersebut adalah sebagai lembaga yang mencetak kader ulama dimasa yang akan datang. "Lembaga dayah adalah lembaga yang mencetak kader ulama. Artinya, umara sangat membutuhkan ulama dalam memimpin sebuah daerah," kata Bupati Rocky dalam Silaturrahmi dan Kunjungan Kerja ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Muta'alimin, Desa Kruet Lintang, Kecamatan Peureulak Timur, Sabtu 30 April 2016.

Menurut dia, sudah sepantasnya berbagai sumber anggaran seperti Otsus yang ada di pemerintahan disisihkan untuk pembangunan fisik dayah seperti membangun asrama dan ruang belajar serta fasilitas pendukung lainnya.

Harapannya, fasilitas yang dimiliki dayah tidak over kapasitas. "Dayah juga lembaga pendidikan yang harus mendapat perhatian dari kita di pemerintahan, sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar," kata Rocky didepan Pimpinan Dayah Darul Muta'alimin, Tgk.H.Abdullah Rasyid atau yang akrap disapa Abon Kruet Lintang.

Sementara itu, Tgk. H. Abdullah Rasyid atau Abon Kruet Lintang mengatakan, selama ini banyak bantuan yang mengalir dari pemerintah setempat ke dayah yang dipimpinnya, termasuk ranjang dan tempat tidur santri yang dihibahkan setelah event Pekan Olahraga Aceh (PORA) Tahun 2014.

Begitu juga dengan lokasi dayah dititik dataran rendah juga sudah ditimbun. "Kita harap, kedepan perhatian pemerintah lebih meningkatkan lagi," ujar Abon Kruet Lintang. (Red)