Iklan

Komjen Pol Tito Karnavian Calon Kuat Kapolri

JAKARTA,  Pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti mulai diajukan oleh Presiden Jokowi, Seperti yang ramai pada pemberitaan sejumlah media Nasional yakni Presiden Jokowi telah meminta Komjen Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang segera memasuki masa pensiun.

"Komjen Pol Tito Karnavian pernah menjadi Kapolda Metro Jaya dan saat ini menjadi kepala BNPT. "DPR akan segera memproses hal ini, insya Allah besok kita akan Rapim, dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito," papar Ketua DPR Ade Komaruddin  yang dikutip di salah satu media nasional.

Dia menjelaskan, pencalonan tunggal Tito sebagai Kapolri akan segera dibahas dalam rapat pimpinan (rapim) untuk selanjutnya diberikan kepada Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

"Pimpinan akan Rapim, lalu Bamus, kemudian hasilnya disampaikan ke Rapat Paripurna kalau pencalonan Kapolri sudah ada. Setelah itu diproses di Komisi III DPR untuk fit and proper test," ujar Ade Komaruddin.

Politisi Partai Golkar ini mengaku sudah melakukan komunikasi dengan ketua komisi III DPR dan mereka akan menunggu keputusan di Bamus.

"Saya sudah komunikasi dengan Ketua Komisi III, mereka tunggu dulu karena akan diputuskan di Bamus, atau rapat fraksi pengganti Bamus. Mungkin bisa dilakukan pada 22 Juni," Ade Komaruddin menandaskan.

Heikal Safar Kiri dan Komjen Pol Tito Karnavian (kanan) dalam suatu Acara
Ditempat terpisah Heikal Safar tokoh Nasional menyampaikan apresiasinya atas dicalonkannya Komjen Tito Karnavian sebagai Kapolri. " Saya mendukung Komjen Tito Karnavian untuk menjadi orang nomor satu di jajaran Kepolisian republik Indonesia, Kami Tau persis langkah Komjen Tito Karnavian, dan beliau Insya Allah Mampu untuk Memimpin POLRI kedepan" Tambah  Heikal Safar (di)