Iklan

Alumni UII Yogjakarta Rancang IKA UII Aceh

Banda Aceh - Alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogjakarta dari berbagai fakultas yang ada, saat ini sedang mempersiapkan pembentukan sebuah organisasi Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA-UII) di Aceh.

Hal tersebut disampaikan salah seorang alumni UII Yogjakarta,  Mohd. Jully Fuady. SH, melalui pesan elektroniknya yang diterima media ini,  Minggu,  18 September 2016. Menurutnya, saat ini sedang mempersiapkan berdirinya IKA UII Aceh, setelah beberapa kali menjalani pertemuan informal dan silaturrahmi sesama alumni dari berbagai fakultas.

Selain itu,  katanya, para alumni juga berasal dari berbagai kabupaten / kota di Aceh yang juga berdomisili di Aceh.

"Kita memanfaatkan aplikasi Whatsup, untuk menjalin komunikasi dan mempersiapkan segala sesuatu dalam proses pembentukan IKA-UII Aceh." terangnya.

Salah satu anggota Presedium Ibnu Muzab Ary alumni Fakultas Ekonomi angkatan 2002 menjelaskan, IKA-UII Aceh selain dipersiapkan sebagai wadah silaturrahmi dan konsolidasi alumni, juga sebagai lembaga tempat para alumni mengamalkan ilmunya demi kemashlahatan ummat khususnya serta ikut serta dalam membangun Aceh.

"Dengan harapan IKA-UII Aceh menjadi organisasi yang menjadi mitra bagi setiap stake holder di Aceh," ungkap Ibnu.

Sebagaimana diketahui UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M.

Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kampus Terpadu terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5 Kabupaten Sleman, dekat daerah wisata Kaliurang dan berjarak 20 KM dari puncak Gunung Merapi.

Dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) maupun Webometrics pada Januari 2012 menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional.

Selain itu, pada tahun 2009 UII terpilih sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Pada tahun 2013, berdasarkan SK BAN-PT No. 065/SK/BAN-PT/AK-IV/PT/II/2013 UII berhasil meraih akreditasi institusi dengan nilai 'A', tertinggi di antara PTS seluruh Indonesia.

Organisasi alumni UII didirikan pada tanggal 19 Mei 1967, saat itu nama yang dipilih  adalah Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia yang kemudian lazim disingkat KA UII, seiring perjalanan nama tersebut diubah menjadi Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII.

Saat ini kepengurusan IKA UII di pimpin oleh para tokoh nasional seperti Artidjo Alkostar, KRH. Hendri Yosodoningrat, Moh. Mahfud M.D, Ifdhal Kasim, Abdul Haris Semendaway dan tokoh tokoh nasional lainnya.

Selain  itu tokoh Aceh,  Hasan Tiro juga tercatat sebagai alumni FH UII dan menamatkan belajar pada tahun 1949. (Red)