Iklan

Belajar Yong Mo Doo Itu Wajib



Ponorogo, Kodim 0802/Ponorogo melaksanakan kegiatan Yongmoodo di lapangan apel Makodim 0802/Ponorogo. Kegiatan yang langsung diambil alih oleh Pasiops Kodim 0802/Ponorogo Kapten Inf A. Yudho sbg kordinator latihan mengatakan belajar dan berlatih Bela Diri Militer (BDM) merupakan keharusan bagi seorang prajurit. Salah satu Bela Diri Militer yang telah diprogramkan di Angkatan Darat adalah Yongmoodo karena jenis Bela Diri tersebut dianggap yang paling sesuai dalam menghadapi berbagai jenis serangan lawan.
 
Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis setelah selesai Airobik tersebut diikuti oleh seluruh anggota militer/prajurit Kodim 0802/Ponorogo serta jajaran Koramil dengan salah satu tujuan utamanya yaitu untuk membekali personel jajaran TNI AD dengan ketrampilan bela diri dan kemampuan fisik yang prima dalam rangka menunjang tugas sehari-hari.
 
Pada kesempatan itu pula Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE berpesan kepada seluruh peserta latihan supaya memperhatikan dan melaksanakan instruksi dari pelatih dengan serius untuk menghindari cidera pada saat melaksanakan latihan karena Yongmoodo Selain dikenal keras dan mematikan lawan, beladiri ini juga mengandalkan fisik yang prima yang mengedepankan kemampuan pesertanya. Yongmoodo merupakan disiplin beladiri untuk penguasaan kemampuan bertempur jarak dekat selain itu pelatihan seni beladiri Yongmoodo memerlukan persiapan cukup lama.
 
Sebelum melaksanakan latihan inti seluruh anggota melaksanakan senam pemanasan dan lari sesuai route yang ditentukan oleh pelatih. Hal ini penting dilaksanakan untuk meregangkan otot dan menghindari cidera yang fatal pada saat melaksanakan latihan. Selesai melaksanakan pemanasan pelatih memberikan teori terlebih dahulu dimulai dari pengenalan tentang tehnik dasar Yongmoodo yang diantaranya materi latihan meliputi, Kibon sogi (teknik dasar), Jamok (teknik pukulan), Balchagi (teknik tendangan), Nakbob (teknik jatuhan), Sonkisul (teknik kuncian)