Iklan

Komandan Satlinlamil Memeriksa Alat Keselamatan ABK







Surabaya  - Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M. melaksanakan inspeksi kesiapan dan kelengkapan alat keselamatan personel KRI atau ABK milik unsur-unsur Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya, di lapangan apel Mako Satlinlamil Surabaya, Selasa (10/1/2017). Dalam kesempatan tersebut, Komandan Satlinlamil didampingi Wadan Satlinlamil Letkol Laut (P) Sapta Raharja dan para Komandan unsur KRI yang berada dibawah Satlinlamil Surabaya.
Unsur-unsur KRI yang diperiksa peralatan alat penyelamatan kapalnya diantaranya KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Ratai 509, KRI Teluk Parigi 539, dan KRI Teluk Bone 511.
Pengecekan tersebut bertujuan mengantisipasi akan terjadinya bahaya kapal mengalami trouble pada saat pelaksanaan tugas operasi di tengah laut dan sehingga personel sudah siap dengan peralatan yang ada diharapkan mampu menggunakannya dengan cepat,tanggap dan tepat.
Selain itu pengecekan ini juga untuk mencegah dini sebelum terjadi keadaan yang tidak diinginkan sehingga personel KRI siap mengatasi problematika yang ada dan tetap bekerja sama dalam tim dengan menunggu perintah Komando yang diinstruksikan Komandan KRI.
Dalam kesempatan tersebut, Komandan Satlinlamil Surabaya menerima penjelasan dKomandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M. melaksanakan inspeksi kesiapan dan kelengkapan alat keselamatan personel KRI milik unsur-unsur Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya, di lapangan apel Mako Satlinlamil Surabaya, Selasa (10/1/2017). Dalam kesempatan tersebut, Komandan Satlinlamil didampingi Wadan Satlinlamil Letkol Laut (P) Sapta Raharja dan para Komandan unsur KRI yang berada dibawah Satlinlamil Surabaya.
Unsur-unsur KRI yang diperiksa peralatan alat penyelamatan kapalnya diantaranya KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Ratai 509, KRI Teluk Parigi 539, dan KRI Teluk Bone 511.
Pengecekan tersebut bertujuan mengantisipasi akan terjadinya bahaya kapal mengalami trouble pada saat pelaksanaan tugas operasi di tengah laut sehingga personel sudah siap dengan peralatan yang ada diharapkan mampu menggunakannya dengan cepat,tanggap dan tepat.
Selain itu pengecekan ini juga untuk mencegah dini sebelum terjadi keadaan yang tidak diinginkan sehingga personel KRI siap mengatasi problematika yang ada dan tetap bekerja sama dalam tim dengan menunggu perintah Komando yang diinstruksikan Komandan KRI.
Dalam kesempatan tersebut, Komandan Satlinlamil Surabaya menerima penjelasan dari Komandan KRI dan personel pengawak alat peralatan penyelamatan kapal tentang kondisi yang ada.
Menurut Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M. mengatakan bahwa pemeriksaan ini dilaksanakan untuk melihat kesiapan alat-alat penyelamatan kapal sehingga selalu siap apabila akan digunakan.
"Peninjauan perlengkapan milik jajaran Satlinlamil Surabaya khususnya unsur kapal perang (KRI) itu bertujuan untuk melihat langsung kondisi peralatan yang selama ini dilaporkan secara berkala dari masing -masing KRI, sekaligus sebagai sarana untuk mengetahui kesiapsiagaan personel dan peralatan keselamatan dalam rangka mendukung tugas-tugas operasi dan latihan" jelas lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 37 Tahun 1991 ini.
Mantan Komandan Satsurvei Hidro-oceanografi Pushidros TNI AL ini mengatakan bahwa peralatan keselamatan yang ada harus terpelihara dan selalu dicek agar apabila digunakan selalu dalam keadaan siap pakai. "Pelihara secara baik dan cek terus agar selalu siap pakai bila dibutuhkan", tandasnya.
Apalagi mencermati kejadian yang akhir-akhir ini terjadi mengenai kecelakaan kapal, Komandan Satlinlamil Surabaya berupaya menjaga keamanan dan keselamatan personel KRI sebagai wujud keperdulian dan tanggung jawab moril kepada pimpinan TNI AL.
Untuk itu Komandan Satlinlamil Surabaya menekankan agar alat-alat tersebut kepada pengawaknya harus merawat dan menjaganya agar mampu serta siap digunakannya. Dari Komandan KRI dan personel pengawak alat peralatan penyelamatan kapal tentang kondisi yang ada.
Menurut Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M. menghimbau bahwa pemeriksaan ini juga dilaksanakan untuk melihat kesiapan alat-alat penyelamatan kapal perang sehingga selalu siap apabila akan digunakan untuk bertugas.
"Peninjauan perlengkapan milik jajaran Satlinlamil Surabaya khususnya unsur kapal perang (KRI) itu bertujuan untuk melihat langsung kondisi peralatan yang selama ini dilaporkan secara berkala dari masing -masing KRI,dan juga sekaligus sebagai sarana untuk mengetahui kesiapsiagaan anggota personel atau ABK juga peralatan keselamatan dalam rangka mendukung tugas-tugas operasi dan latihan" jelas lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 37 Tahun 1991 ini.
Mantan Komandan Satsurvei Hidro-oceanografi Pushidros TNI AL ini mengatakan bahwa dengan peralatan keselamatan yang ada harus di jaga juga terpelihara dan selalu dicek agar apabila digunakan selalu dalam keadaan Ready atau siap pakai. "Pelihara secara baik dan dicek terus agar selalu siap pakai bila dibutuhkan sewaktu-waktu", tandasnya.
Apalagi mencermati dengan kejadian yang akhir-akhir ini terjadi mengenai kecelakaan kapal, Komandan Satlinlamil Surabaya untuk berupaya menjaga keamanan dan keselamatan personel atau ABK KRI sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab moril kepada pimpinan TNI AL.
Untuk itu Komandan Satlinlamil Surabaya juga menekankan agar alat-alat tersebut kepada pengawaknya harus merawat dan menjaganya agar mampu serta siap digunakannya. Dispen Kolinlamil/@budi beritalima.com