Iklan

Minggu Militer di Bulan Januari



Blitar, Seakan tanpa bosan bosannya anggota kodim 0808 Blitar melaksanakan latihan PBB (Peraturan Baris berbaris) Senin (23/01/17), PBB yang dilaksanakan kali ini adalah dalam rangka minggu militer, diawali dengan upacara bendera dan dihadiri oleh seluruh anggota Kodim termasuk PNS, kegiatan hari ini yang dilaksanakan oleh anggota Kodim Blitar.
 
Kata PBB sering kita mendengarnya sejak seorang duduk dibangku sekolah, PBB akan selalu melekat dalam kedisiplinannya.   Kapten Arm. Narimo yang ditunjuk sebagai instruktur materi PBB memberikan pelajarannya dengan penuh keseriusan dan kedisiplinan, sehingga para anggota dapat menerimanya dengan mudah dan cepat dimengerti.
 
Memang PBB adalah makanan empuk seorang TNI sejak masa pembentukan calon prajurit PBB selalu menjadikan pelajaran utama, diawali dengan bangun pagi kita sudah disuguhkan PBB dalam dunia lembaga pendidikan.
 
Banyak gerakan-gerakan PBB yang harus dikuasai oleh seorang TNI mulai cara berkumpul cepat, penghormatan, gerakan ditempat maupun berjalan dan masih banyak lagi.
 
Minggu militer yang ada pada kurikulum TNI Angkatan Darat sejak 2002 – 2003, adalah minggu dimana setiap anggota TNI harus mampu dan menguasai setiap gerakan dasar militer, sehingga diharapkan pada satuan Teritorial seperti Kodim tidak lupa atau melupakan setiap gerakan dasar militer, mengapa demikian karena seorang militer dimanapun berada tentunya membawa nama baik satuan yaitu berupa tingkah lakunya dalam keseharian di tengah masyarakat.  Sedangkan PBB sendiri melengkapi apa yang dinamakan dengan rasa disiplin percaya diri yang berujung pada suatu sikap diri pribadi sehingga sikap tersebut dapat ditularkan pada masyarakat banyak.
 
Selain pelajaran PBB dalam minggu militer tentunya masih banyak yang harus dikuasai oleh seorang prajurit diantaranya yaitu PUDD ( Peraturan Urursan Dinas Dalam), PDG ( Peraturan Disiplin Garnisun), PPM ( Peraturan penghormatan Militer ) dsb.  disamping itu juga dalam minggu militer nantinya akan dilaksanakan lari Jalanan dan  Gerak jalan (Han Mars) dengan tujuan khusus yaitu untuk membina fisik seorang prajurit agar selalu sehat dan siap dalam setiap melaksanakan tugas.