Iklan

Penyemprotan Hama Wereng Coklat di Desa Klagen Kec. Barat Magetan



Magetan, Untuk menghilangkan hama dan untuk meningkatkan hasil panen pagi ini Senin(9/1/17) pukul 06.30 Petani bersama Dinas pertanian kecamatan Barat di bantu Anggota Kodim 0804/08 Barat melaksanakan Penyemprotan Hama Wereng coklat di desa  Klagen Kec. Barat Kabupaten Magetan.
 
Kegiatan tersebut dihadiri Ketua POPT (Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman) Andik, Mantri Pertanian Meriyam, Ketua Gapoktan Warsito, Bamin Wanwil Koramil 08 Barat, PPL Gianto, Babinsa desa  Klagen Serda Pardi dan Anggota kelompok Tani desa Klagen
 
Sebelum kegiatan dimulai Ketua POPT Andik menyampaikan ucapan terima kasih  kepada  TNI dari Koramil 08 Barat yang mendampingi petani penyemprotan hama wereng coklat di desa Klagen kec. Barat serta warga petani desa Klagen, disini Kami bersama TNI mengajak petani untuk memberantas wereng coklat yang sedang mengganggu Tanaman Padi di desa Klagen. Kami bersama Babinsa desa Klagen mendampingi petani penyemprotan hama wereng coklat di desa Klagen kec. Barat
 
Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan swasembada pangan, TNI bekerjasama dengan kementrian pertanian melalui MOU dengan Kasad dalam rangka peningkatan swasembada pangan, menindak lanjuti program tersebut sebagai aparat kewilayahan diwilayah maka Babinsa dengan tulus iklas mendapingi petani untuk meningkatkan program sembada pangan salah satunya adalah pendampingan membasmi hama padi wereng coklat, yang bertempat di Desa Klagen Barat Kabupaten Magetan.
Andik juga mengatakan Penyemprotan hama Padi wereng coklat kalau nggak segera di basmi nantinya wereng coklat dapat merambat ke tempat lain, dan nanti petani akan mengalami kerugian dalam panen padi, lahan yang terkena hama wereng coklat sekitar 2 Ha ,makanya sebelum meluas ke tempat lainnya di adakan penyemprotan secara serentak agar tidak meluas ke tempat lainnya, obat yang di gunakan dalam penyemprotan namanya insektisida APPLAUD dari Dinas Pertanian.
 
Dengan harapan di semprot obat tersebut hama wereng coklat dapat di basmi sehingga hasil panen dapat melimpah dan petani dapat menikmati hasilnya sehingga dapat bermanfaat untuk kebutuhan sehari hari, kata Andik.
 
Dengan antusias petani melaksanakan penyemprotan Hama wereng coklat masing masing Petani membawa Tangki untuk menyemprot hama wereng coklat tersebut.(mtasir)