Iklan

Warga Korem 084/BJ Diguyur Bintal dan Binkum



Surabaya(26/01/17)Warga Korem 084/Bhaskara Jaya, baik Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 084 maupun keluarga menerima penyuluhan Pembinaan Mental (Bintal) dan Hukum dari Bintaldam V/Brawijaya dan Kumdam V/Brawijaya. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula makorem 084/BJ pada Hari Kamis, tanggal 26 Januari 2017.
Danrem 084/BJ Kolonel Czi Denny Herman dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Kasipers Korem 084/BJ Letkol Inf I Made Parsin, S. IP.antara lain mengatakan, bahwa pembinaan mental dan hukum merupakan hal yang sangat penting,  yang bertujuan untuk membentuk, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kondisi jiwa prajurit tni sesuai dengan nilai - nilai yang terkandung dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNImelalui  pembinaan hukum dan mental, baik mental rohani, idiologi,  maupun  kejuangan, dengan harapan agar prajurit tni memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdisiplin tinggi, teguh, pantang menyerah danmempunyai moril  yang tinggi, jiwa korsa yang solid, mempunyai kesadaran hukum yang tinggi,  baik secara individu maupun satuan, untuk dapat diaplikasikan dalam berbagai penugasan sehingga berhasil dan berdaya guna, karena kita yakin bahwa unsur mental dan hukum bagi prajurit tni sangat menentukan tingkat keberhasilan dari berbagai penugasan prajurit TNI di manapun dan kapanpun.   
Lebih lanjut Alumnus Akmil 1989 tersebut mengatakan, kita juga menyadari masih adanya kasus - kasus pelanggaran yang merugikan institusi, baik yang melibatkan oknum prajurit maupun PNS TNI dan keluarganya, sehingga Bintaldam dan Kumdam sebagai institusi yang mengemban fungsi khusus pembinaan mental dan hukum, berkewajiban meningkatkan kualitas mental dan kesadaran hukum para prajurit, PNS beserta keluarganya guna mendukung tugas tupok Kodam V/Brawijaya maupun Korem 084/BJ. apalagi kita menyadari bahwa baik secara kualitas maupun kuantitas, mental prajurit maupun pns serta kesadaran humumnya masih kurang  dan harus secara terus menerus ditingkatkan melalui berbagai kegiatan seperti penyuluhan saat ini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu menjawab dan mengatasi kelemahan - kelemahan tersebut, terutama mampu menekan seminimal mungkin terjadinya pelanggaran dan sekaligus meningkatkan kualitas mental dan hukum agar memiliki ketangguhan mental dan kesadaran hukum dalam menghadapi berbagai situasi maupun penugasan.
        
Penyuluhan Bintal dan Hukum yang bertemakan Meneguhkan Kembali Reformasi Kultural TNI Demi Mewujudkan Sikap dan Disiplin Prajurit Bhirawa Anoraga yang Berintegritas dan sesuai Semangat Konstitusi" ini menghadirkan Kabintal V/Brawijaya Kolonel Caj Rifa'i dan Kasi Dukkum Kumdam V/Brawijaya Mayor Caj Sri Mulyani, SH, MH. Kabintaldam V/Brawijaya dalam penyuluhannya mengupas masalah yang berkaitan tentang bagimana "Mewujudkan Sikap Disiplin, Integritas dan Konstitusional", sedangkan Kasi Dukkum Kumdam V/Brawijaya mengupas masalah yang berkaitan dengan UU RI No.25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer, UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika,  masalah Netralitas TNI, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Narkoba, serta Kejahatan Kesusilaan.