Iklan

Panen Raya di Blega, Dandim 0829 Dukung Sinergi Pemerintah dan Petani


 

Bangkalan,- Wilayah pertanian di Kecamatan Blega, Bangkalan berhasil menggelar panen raya jenis padi dengan luas tanam 1 hektare yang langsung dihadiri Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, Kadis Pertanian, serta badan pertanian Provinsi Jawa Timur, Selasa (7/2), pagi.

 

Panen raya sendiri dipusatkan di Desa Lom Air yang digelar oleh Kelompok Tani (Poktan) Makmur III.

 

"Keberhasilan panen raya jenis padi yang dilakukan para petani di Desa Lom Air ini menjadi bukti bahwa lahan pertanian di Kabupaten Bangkalan sangat menjanjikan bagi para petani untuk terus semangat meningkatkan hasil pertanian," ucap Dandim 0829 Letkol Sunardi yang juga diamini para undangan yang hadir.

 

Menurut Dandim, dukungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan dan Pemrop Jatim yang terus memotivasi semangat petani disini dan memberikan bantuan bibit pertanian dan pupuk yang berkualitas menjadikan bukti panen raya ini berhasil.

 

"Sinergi antara pemerintah, petani, dan instansi lainnya yang ada di Bangkalan ini menjadi bukti dan meyakinkan para petani bahwa usaha bercocok tanam baik itu padi, palawijaya, atau tanaman pertanian lainnya bisa terus meningkatkan kesejahteraan petani," yakin Dandim.

 

Tidak hanya itu, keberhasilan usaha panen raya jenis padi yang dilakukan petani ini jga bisa menjadi contoh yang baik bagi generasi muda untuk terus semangat membangun desa masing-masing dengan bercocok tanam.

 

"Kami berharap para generasi muda di Bangkalan bisa membangun kotanya dengan meningkatkan hasil pertaniannya. Kita sebenarnya harus menciptakan lapangan pekerjaan dan bukan mencari pekerjaan. Ayo bangun Bangkalan menjadi lebih maju setiap tahunnya," pungkas Letkol Sunardi.

 

Dandim juga menambahkan, selain melakukan panen raya, rombongan instansi ini juga melakukan pengecekan bantuan alat mesin pertanian dan menghadiri penanaman simbolis multi kultura di Desa Karang Gayam Kecamatam Blega.

 

Diketahui, selain Dandim, Kadis Pertanian, dan Badan Pertanian Jatim yang hadir di panen raya Kecamatan Blega, juga hadir Kapolsek Blega, Danramil Blega, Camat Blega, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Kades Lomaer berkumpul bersama dengan langsung membantu para petani memanen padi di lahan persawahan seluas 1 hektare tersebut.