Iklan

Satgas Yonif Mekanis 516/CY Gelar Bulan Vitamin A di Perbatasan RI-PNG

 Keerom, – Dalam rangka mendukung program 'Bulan Vitamin A' di wilayah Kabupaten Keerom Papua, Satgas Yonif Mekanis 516/CY dan Puskesmas Distrik Mannem menggelar pemberian vitamin A kepada Balita dan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat, Senin (13/2 ) pagi.


Untuk memaksimalkan pelaksanaan 'Bulan Vitamin A' pada bulan Februari ini, Satgas Yonif Mekanis 516/CY menggandeng Puskesmas setempat untuk melaksanakan sosialisasi dan pemberian Vitamin A kepada balita.
Bertempat di Balai Kampung Sawiyatami, kegiatan diawali dengan sosialisasi akan pentingnya Vitamin A bagi balita oleh Dantonkes Satgas Yonif Mekanis 516/CY Lettu Ckm Suwarni. Dijelaskan bahwa Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan, disamping itu anak yang cukup Vitamin A memiliki ketahanan tubuh dan lebih kebal dari penyakit diare, campak maupun penyakit infeksi lainnya.
Setelah kegiatan sosialisasi, ibu-ibu yang memiliki balita langsung mengantre untuk pemberian vitamin A kepada balitanya. Mereka cukup semangat karena baru sadar bahwa vitamin A cukup penting bagi tumbuh kembangnya anak.
Kegiatan ini tidak hanya pemberian suplementasi vitamin A kepada balita, Satgas Yonif Mekanis 516/CY dan Puskesmas Distrik Mannem juga mengadakan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Antusiasme masyarakat Kampung Sawiyatami dalam kegiatan ini cukup besar, tidak hanya diikuti ibu-ibu yang memiliki balita, bapak-bapak juga hadir untuk berobat atau sekedar memeriksakan kesehatannya.
Ibu Irianti Tomon, Amd. Keb, salah satu bidan di Puskesmas Distrik Mannem menyampaikan rasa senang dan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dengan Satgas Yonif Mekanis 516/CY, dimana partisipasi masyarakat yang hadir di Balai Kampung Sawiyatami begitu besar, sehingga sasaran pemberian suplementasi vitamin A bagi balita, khususnya di Kampung Sawiyatami dapat tercapai secara maksimal.
"Beda dengan bulan-bulan sebelumnya, kami harus datangi satu-satu kerumah-rumah, itupun terkadang tidak mau diberikan vitamin A untuk balitanya. Hari ini ibu-ibu yang datang kesini atas bantuan dari Satgas TNI, sehingga pelaksanaan kegiatan pemberian vitamin A bisa maksimal. Harapan kami, semoga pendampingan dari Satgas TNI seperti ini dapat berjalan terus untuk kegiatan-kegiatan kedepan," ujar Irianti.
Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Agustina Rumbia, selaku Kepala Kampung Sawiyatami, kalau pihaknya sangat berterimakasih kepada Satgas Yonis Mekanis 516/CY yang telah mengajak warga di Distrik Mannen dalam kegiatan bulan vitamin A.
"Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Yonif Mekanis 516/CY dan Puskesmas Distrik Mannem yang telah mengajak masyarakat kami untuk mengikuti kegiatan pemberian vitamin A, agar anak-anak kami di kampung tetap sehat," pungkas Ibu Agustina.
Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si yang turut hadir dalam kegiatan pemberian suplementasi vitamin A di Kampung Sawiyatami mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Satgas ini adalah untuk turut mensukseskan Program Pemerintah 'Bulan Vitamin A' khususnya di wilayah perbatasan.
"Kami mengajak masyarakat untuk memiliki kepedulian dan kesadaran akan pentingnya kesehatan, khususnya bagi balita dan anak-anak, sebagai generasi penerus bangsa. Salah satunya dengan turut berperan aktif dalam kegiatan ini," ungkap Letkol Inf Lukman Hakim.
Diketahui, pemberian vitamin A merupakan Program Pemerintah yang sudah lama dikampanyekan sejak tahun 1970an dan masih terus dilaksanakan sampai sekarang. Pemberiannya pun dilaksanakan 2 kali selama setahun yaitu bulan Februari dan Agustus dan akhirnya dikenal dengan 'Bulan Vitamin A', dimana seluruh balita dan anak-anak usia 6 sampai dengan 59 bulan akan mendapatkan vitamin A secara gratis di Posyandu atau Puskesmas.