Iklan

Lapak Baca dan Kampanye Literasi di Padangpanjang Diramaikan Masyarakat

PADANGPANJANG – Kampanye literasi Kota Padangpanjang yang digagas Forum Pegiat Literasi Padangpanjang gaungnya ditabuh Ahad (26/3), di Lapangan Bancahlaweh Padangpanjang.
Kampanye dibuka dengan kegiatan Lapak Baca ditandai pengerahan sebuah armada Mobil Perpustakaan Keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang yang berisi sejumlah koleksi buku.
Pagi itu, meski diawali turunnya rinai, tidak menyurutkan minat para pegiat, pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat setempat yang berolahraga, meramaikan lokasi Lapak Baca. Kegiatan tersebut juga disemarakkan pembacaan puisi, mendongeng dan musikalisasi puisi.
"Masyarakat antusias meramaikan acara ini, termasuk datangnya rombongan mahasiswa UMMY Solok," kata Muhammad Subhan, Ketua Forum Pegiat Literasi Padangpanjang di sela-sela kegiatan.
Tidak hanya itu, dari Pemerintah Kota Padangpanjang tampak hadir pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mewakili Plt. Kadis Alvisena, S.T., M.T., yaitu Kabid Perpustakaan Dra. Neldawati dan Kabid Kearsipan Dra. Tuti Abdul Rajab, M.M., beserta kasi dan staf terkait.
Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Dr. Desmon Dt. Putiah, hadir Kabid Kebudayaan Pembinaan PAUD dan Dikmas, Tismaria, S.E., M.Si.
Sementara sejumlah pegiat komunitas yang tampak hadir, di antaranya Zalmasri, M.Pd (Komunitas Ruang Baca Togok yang tahun ini komunitas itu mendapat program Kampung Literasi dari Kemendikbud RI), Maisar Setiawan Munaf (BARKA Training & Consulting), Bastra Sinaro (Ketua BKPRMI Padangpanjang), Maya Sandita, Saniman (Komunitas Seni Kuflet), serta sejumlah komunitas lainnya.
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Padangpanjang Syamsoerdarman yang juga hadir memberikan apresiasi kepada Forum Pegiat Literasi Padangpanjang yang menggelar Lapak Baca itu.
"Kegiatan ini mendorong minat masyarakat untuk suka membaca buku dan harus terus diadakan," kata Syamsoedarman.
Kabid Perpustakaan Neldawati menyambut positif Lapak Baca yang dibentang itu. Kegiatan tersebut ikut membantu Perpustakaan Daerah Kota Padangpanjang mendekatkan buku kepada masyarakat.
"Perpustakaan mendukung sepenuhnya kegiatan ini, salah satunya dengan memberikan fasilitas dan akses ke buku bacaan. Kami bahagia masyarakat begitu gembira memilih buku dan membacanya," kata Neldawati.
Sementara Muhammad Subhan menambahkan, Lapak Baca merupakan program Forum Pegiat Literasi Padangpanjang yang akan rutin digelar dua pekan sekali. Selain berlokasi di Lapangan Bancahlaweh, Lapak Baca akan disebar ke titik-titik keramaian lainnya.
"Targetnya, dari kegiatan ini kampanye literasi Kota Padangpanjang akan masif dilakukan," kata penulis novel "Rumah di Tengah Sawah" dan pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia itu.
Selain Lapak Baca, dalam waktu dekat, Forum Pegiat Literasi Padangpanjang akan mengadakan Lomba Pojok Baca Kelas. Sebelum itu, akan disosialisasikan ke seluruh sekolah di Padangpanjang agar membuat Pojok Kelas yang pengerjaannya dilakukan siswa.
"Pojok Baca Kelas yang paling menarik dan kreatif akan dinobatkan sebagai pemenang dan diberikan hadiah berupa trofi dan piagam penghargaan," tambahnya. (*)