Iklan

Pakde Karwo : Peringatan Haul KH. Ahmad Sufyan, Momentum Masyarakat Tingkatkan Nilai Spiritual

SITUBONDO,   Peringatan Haul KH. Ahmad Sufyan menjadi momentum seluruh masyarakat Kab. Situbondo untuk meningkatkan nilai spiritual.Salah satunya dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar seluruh masyarakat diberikan kesejahteraan.

" Doa bersama mengajarkan bahwa sisi spiritual penting juga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," demikian disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo pada saat Haul KH. Ahmad Sufyan di PP. Manbaul Hikam Panji, Situbondo, Senin(13/3)

Pakde Karwo-sapaan akrab Gubernur Jatim menuturkan nilai spiritual bisa dipupuk apabila pendidikan Islam selalu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu, pernah dilakukan oleh KH. Ahmad Sufyan ketika syiar mengenai agama Islam. "Sholawat Nariyah merupakan wujud warisan dan wasiat yang membawa nilai spiritual luar biasa bagi masyarakat," terangnya.

Dalam kesempatan sama, Pakde Karwo juga mengingatkan agar semua umat beragama harus berkomunikasi antar sesama. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah terus melakukan syiar Islam baik akhidah dan berikhtiar.

Sementara itu, Wagub Jatim, Drs.H. Saifullah Yusuf yang hadir mendampingi Gubernur menuturkan peran KH. Ahmad Sufyan sangat besar bagi Jatim. Ia menceritakan pada awal kepemimpinan Pakde Karwo dan Gus Ipul sapaan Wagub Jatim mendapat mandat dari KH. ahmad Sufyan agar saat merencakan pembangunan harus menggerakkan kaidah ilmiah dan juga terusmohon pertolongan doa. "Alhamdulillah, sebagai bentuk melaksanakan mandat beliau , Jatim terus berkembang dan meningkat perekonomiannya," ujarnya.

Ia mengingat bahwa kemajuan Jatim tidak akan bisa terjadi tanpa ada pertolongan doa. Agar bisa mendapatkan pertolongan syaratnya mudah yakni mengurangi hal yang berbau maksiat. Pemprov Jatim sejak beberapa tahun lalu menutup 47 lokalisasi yang tersebar di seluruh wilayah Jatim. Puncaknya Pemprov Jatim berhasil menutup lokalisasi Dolly di Surabaya yang merupakan salah satu terbesar di Indonesia. Berkat upaya tersebut, Jatim menjadi semakin maju. Hal itu, tidak lepas dari peran KH. Ahmad Sufyan yang terus berupaya menebar kebaikan,"tambahnya.

Hadir dalam haul yang dihadiri tidak kurang 35.000 jemaah ini antara lainBupati Situbondo Dadang Hawari bersama Muspida Situbondo, KH. R. Kholil As'ad Situbondo, dan KH. Hadlun Rahman dari Banyuwangi. (**)