Iklan

Waterloo Bukti Keberhasilan Pemerintah NSW Bidang Transpotasi



JAKARTA,  Crown Group, perusahaan pengembang swasta terbesar di Australia yang berbasis di Sydney, menginformasikan perkembangan ibukota negara bagian New South Wales (NSW) terkini, Senin (13/3/2017).


Disebutkan, selama 10 tahun terakhir pemerintah NSW fokus investasi bidang transportasi yang menghubungkan Kota Sydney dengan daerah-daerah sekitar, sehingga menjadikan kota ikonik Australia kota modern seutuhnya dengan sistem transpotasi massal yang mumpuni.


Dalam anggaran belanja kedua untuk periode 2016-2017 sangat terfokus pada investasi infrastruktur dengan rekor senilai Rp730 triliun yang dialokasikan khusus untuk Negara bagian NSW, termasuk Rp120 triliun untuk proyek-proyek Sydney Metro selama 4 tahun ke depan.


Ini mengedepankan pendanaan yang didedikasikan untuk proyek-proyek infrastruktur utama, termasuk Parramatta Light Rail, Sydney Metro City, Southwest, dan Northwest serta WestConnex dan infrastruktur jalan utama lainnya.


"Pemerintah Negara Bagian NSW sejatinya sangat menyadari pentingnya sistem tranportasi massal yang terintegrasi dan modern dalam mendukung bukan hanya pergerakan dari penduduk Sydney, tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dari NSW itu sendiri," kata Iwan Sunito, CEO Crown Group.


"Salah satu daerah yang merasakan manfaat langsung dari kebijakan tersebut adalah Waterloo yang merupakan sebuah daerah inner-city subur yang sudah direvitalisasi dan terletak sekitar 4 kilometer dari CBD Sydney," tambahnya.


Pemerintah Negara bagian NSW baru-baru ini mengumumkan bahwa stasiun kereta Metro baru Sydney akan segera dibangun di Waterloo.


"Infrastruktur fasilitas stasiun metro baru ini akan memiliki dampak positif yang signifikan pada nilai properti di masa depan," ungkapnya.


Waterloo yang dihuni oleh 10.657 jiwa, didominasi oleh usia produktif antara 20 – 49 tahun sebesar 64,4% yang sebagian besar berkerja sebagai professional (34.4%) dan manajer (16,5%).


Waterloo mencapai pertumbuhan tertingginya di Negara Bagian NSW pada kurun waktu 2014 – 2015 yang mencapai 11,4%.


Maka tidaklah mengherankan jika pertumbuhan harga apartemen di Waterloo dengan satu dan dua kamar mencapai 40% selama lima tahun terakhir.


Sementara pertumbuhan harga sewa mingguan untuk apartemen satu dan dua kamar selama lima tahun terakhir masing-masing adalah 18% dan 14%.


Dan Rental Yield per tahun untuk Waterloo pada bulan Maret 2016 adalah sebesar 4,6%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain di sekitar Kota Sydney yang hanya mencapai 4,0%.


"Waterloo juga dikenal sebagai The Centre For Learning. Secara geografis, Waterloo dikelilingi 3 institusi pendidikan paling bergengsi di Australia, yaitu University of Sydney, University of New South Wales, dan University of Technology Sydney," kata Iwan Sunito.


Sementara untuk pendidikan menengah atas, Waterloo juga dekat dengan 2 sekolah favorit di Negara bagian NSW, Sydney Girls High School (peringkat ke-tiga di NSW) dan Sydney Boys High School (peringkat ke-lima di NSW).


Pada semester kedua tahun 2017 ini, Crown Group akan meluncurkan proyek menara hunian terbarunya, Waterfall by Crown Group di kawasan Waterloo.
Waterfall by Crown Group adalah proyek empat menara hunian dengan 331 unit apartemen.


Proyek tersebut akan mencakup enam gerai ritel, restoran dan kafe, ditambah fasilitas mewah termasuk kolam renang, gym, ruang serbaguna, ruang musik, wilayah taman komunal, dan fasilitas barbekyu.


Sesuai dengan namanya, Waterfall by Crown Group akan menampilkan fitur tembok air yang mengalir setinggi 22 meter atau tujuh lantai, dan mungkin satu-satunya yang ada di Australia.


"Waterfall by Crown Group dirancang untuk merevolusi penggunaan ruang hijau dalam pembangunan hunian Australia," pungkas Iwan Sunito. (Ganefo).