Iklan

Bupati Probolinggo Nyekar Di makam Bupati Pertama “Kyai Djoyo Lelono”

PROBOLINGGO,  Puncak peringatan Hari jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) yang ke-271, Bupati Probolinggo Hj. Puput  Tantriana Sari SE.  pagi tadi nyekar ke Makam Bupati Probolinggo Joyo Lelono, Bupati pertama kabupaten probolinggo selasa (18/4/17).06.00 WIB.


 
Makam yang dikunjungi Bupati Probolinggo , Hj P Tantiana Sari beserta jajaran adalah makam Bupati Probolinggo pertama Kiyai Joyo lelono yang berada di Kampung Sentono, Jalan Brigjen Katamso.
 
Perlu di ketahui, Kiyai Joyolelono menjabat tahun 1748 sampai dengan 1768, pada jaman penjajahan kolonial Belanda. Kiyai Joyolelono sendiri pada masa penjajahan, terkenal selalu menentang semua kebijakan Belanda.   
 
Selanjutnya bupati beserta staf juga melakukan ziarah makam ke bupati kedua, yaitu Bupati Joyonegoro, periode selanjutnya setelah pemerintahan djoyo lelono.
 
Ziarah ini diawali dengan pembacaan Surat Yasin, Tahlil dan diakhiri doa bersama dan dilanjutkan dengan tabur bunga di atas makam Kiai Djojolelono dan joyonegoro.
 
Sebelum nyekar di makam Joyo Lelono, Bupati hj.tantriana sari SE. menyampaikan pesan bahwa acara nyekar tidak sebatas mendatangi makam,
 
" Acara nyekar tidak hanya sebatas mendatangi makam. Nyekar memiliki makna mendalam. Ini dimaksudkan untuk memperkenalkan sejarah makam Joyo Lelono kepada generasi muda, serta mengingatkan akan jasa-jasa pemimpin yang telah tiada," terang bupati probolinggo.
 
Setelaha acara tabur bunga di makam kyai djoyo lelono bupati probolinggo langsung menuju kantor DPRD kabupaten probolinggo. Guna menghadiri rapat paripurna (put/olvie/aj)