Iklan

Gus Ipul Bangga Perempuan Sudah Setara Pria

SURABAYA,  Seiring perkembangan jaman, peran perempuan telah banyak berkembang. Perempuan juga mempunyai akses dan ruang yang sama dengan kaum pria di berbagai bidang. Karena itu, bisa dibilang kesetaraan gender perempuan dengan pria sudah sama. 

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf mengatakan hal itu saat menghadiri Kartini Lunch di Graha Prodia, Jl. Raya Diponegoro Surabaya, Jumat (28/4). 
Pria yang biasa disapa Gus Ipul itu mengatakan, peran Kartini modern saat ini tergambar dari kesetaraan di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kesehatan.  Dulu, perempuan dikonotasikan hanya berkutat di urusan dapur. Tapi dengan perjuangan Kartini, perempuan memiliki ruang dan peran yang sama. 

"Saya bangga, perempuan diberi ruang sama dengan pria. Inilah cita cita dari Tokoh perempuan Indonesia kita yakni R.A Kartini," ujarnya. 

Menurutnya, saat ini perempuan telah diberi akses secara luas oleh pemerintah. Kondisi tersebut bisa dilihat dari jumlah perempuan yang menempati jabatan-jabatan strategis di berbagai bidang. Diantaranya di perusahaan, instansi pemerintah, hingga parlemen. 
Perjuangan dan semangat Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia, kata Gus Ipul, disebabkan oleh kegemarannya membaca buku. Dengan membaca buku, maka kesempatan memperoleh ilmu pengetahuan akan semakin besar. 

"Perubahan tidak harus diawali oleh orang banyak,  tapi bisa diawali dengan minoritas yang kreatif.  Kita bersyukur perempuan terus berpartisipasi di berbagai bidang seperti ekonomi dan politik. Bahkan perempuan sekarang banyak yang ahli dalam berbisnis/wirausahawan. Itulah yang sesungguhnya diidamkan Kartini. Mendapat akses di segala hal dan ruang," pungkasnya. (**)