Iklan

Lewat Pameran Lestarikan Kerajinan Tradisional Toraja.

TORAJA UTARA, Dalam acara pameran,INACRAFT 2017 Toraja mewakili Sulawesi Selatan.Kabid Industri tekstil elektronika telematika dan aneka,Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan (Sul-Sel),Meyke Sultan selaku pimpinan rombongan mengatakan,Toraja yang didelegasikan alasan mewakili Sul-Sel,upaya Pemerintah Sul-Sel mencoba menggali kembali potensi kerajinan tradisional yang hampir punah.



Misi Pemprov,untuk membangun networking atau jaringan bisnis untuk memberi kesempatan kepada para pengrajin guna menemukan beberapa perbandingan dalam mitra kerja dari para pengrajin daerah lain.

Tana Toraja dan Toraja Utara dengan menghadirkan pengrajin Tenun dan Batik Toraja, Yenny Bulo dan Lukman . Acara Inacraft 2017 akan dibuka oleh Presiden Jokowi,Rabu,26 April 2017 di ikuti oleh pengrajin daerah dari seluruh Indonesia.

Berlangsung sejak tanggal 26- 30 April di Jakarta Convention Center.Dengan adanya daerah Toraja sebagai daerah mewakili Sul-Sel merupakan kesempatan menjadi ajang untuk mempromosikan hasil kerajinan asal Toraja sebagai tujuan Pariwisata.

Sudah saatnya Toraja harus membuka diri dan melakukan perubahan serta bisa mengkonversikan kerajinan tradisionil ini ke dalam bentuk produk yang banyak digunakan masyarakat umum.

Sehingga kelestarian aset daerah ini bisa tetap eksis dan menemukan tempat yang sejajar dengan produk-produk kerajinan dari daerah lain yang dapat persaingan dan tentunya dapat mendongkrak perbaikan ekonomi masyarakat dengan mengedepankan kearifan lokal,seperti apa yang diungkap State Raru dari pameran di Jakarta Convention Center.(Gede Siwa).