Iklan

Kasad Buka Lomba Peleton Tangkas Periode I Ta 2017 (terbaru)

Lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode I TA. 2017 ini, merupakan "Special Edition", Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono pada upacara pembukaan Lomba Peleton Tangkas Periode I TA 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Yudha Wastu Pramuka, Pusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD, Cipatat, Jawa Barat, Jumat (12/5).


 
Lebih lanjut Kasad mengingatkan bahwa Lomba Peleton Tangkas TNI AD yang saat ini diselenggarakan dua kali dalam setahun ini, bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi hasil pembinaan satuan di bidang keterampilan dan ketangkasan prajurit, sekaligus sebagai bahan evaluasi kebijakan pimpinan TNI AD saat ini dan menentukan kebijakan kedepan. Adapun tema Lomba Peleton Tangkas Periode I yaitu "Melalui Lomba Peleton Tangkas, Kita Wujudkan Prajurit TNI AD yang Disiplin, Jago Perang, Jago Tembak, Jago Beladiri dan Memiliki Fisik Prima, Sebagai Implementasi dari Hasil Pembinaan Latihan Satuan, Guna Memantapkan Kesiapan Satuan Dalam Rangka Keberhasilan Tugas Pokok TNI AD".
 
Kasad berharap penyiapan Peleton Tangkas tidak secara eksklusif. "Penyiapan Peleton Tangkas  di satuan seharusnya tidak dilaksanakan secara eksklusif dan terpisah dari program  lainnya. Melainkan harus selaras dan sejalan dengan kegiatan pembinaan satuan lainnya," ujar Kasad. Untuk materi yang  dilombakan dalam Peleton Tangkas adalah Kesegaran Jasmani-A, Renang Militer, Menembak Pistol dan Senapan, HTF, Lintas Medan, Ilmu Medan dan Permildas.
 
Selanjutnya Kasad mengatakan bahwa Lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode I TA. 2017 ini, merupakan " Special Edition", karena : Pertama; Lomba Peleton Tangkas ini pertama kali diikuti oleh 2 Kodam baru, yakni Kodam XIII/Merdeka yang diwakili oleh Yonif 715/Motuliato dan Kodam XVIII/Kasuari yang diwakili Yonif Raider Khusus 752/Vira Yudha Sakti. Kedua; Lomba ini diikuti oleh satuan-satuan Raider dan Para Raider yang merupakan satuan tempur andalan TNI AD. Peserta Lomba Ton Tangkas Periode I Tahun 2017 berjumlah 17 peserta terdiri dari 15 Kodam-Kodam yang ada di Indonesia dan 2 Divisi Infanteri Kostrad.
 
Pada bagian lain Kasad mengatakan bahwa Lomba Ton Tangkas Periode I Tahun 2017 merupakan event yang bergengsi dan sekaligus membanggakan karena yang berlomba adalah satuan andalan Kotama. Kepada penyelenggara, Kasad menekankan agar selalu mengutamakan keamanan dalam setiap lomba. "Utamakan faktor keamanan dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan setiap cabang perlombaan," tegas Kasad. Kasad meminta agar prestasi yang diraih dengan cara-cara terhormat. "Kehormatan adalah segala-galanya, yang berarti bahwa dalam perlombaan inipun seluruh satuan harus bertekad untuk meraih prestasi terbaik namun dengan cara-cara yang terhormat," harap Kasad.
 
Pada bagian akhir Kasad mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta lomba. "Selamat Berlomba dan Raihlah Prestasi Dengan Cara Terhormat."
 
Hadir dalam acara pembukaan Lomba Peleton Tangkas ini, Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Irjenad, para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Para Pangdam, para Direktur/Komandan/Kepala Balakpus Angkatan Darat serta undangan lainnya. Sesuai rencana, lomba ini akan berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 12 sampai dengan tanggal 22 Mei 2017.