Iklan

Fatma Saifullah Yusuf Ikut Meriahkan Acara Pasar Tiban



SURABAYA,  Istri Wakil Gubernur Jatim Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf ikut memeriahkan rangkaian acara Pasar Tiban yang digelar di Atrium Grand City Mall, Surabaya, Sabtu (03/06) malam.
Dalam rangkaian acara Pasar Tiban yang bertajuk gelar karya Anne Avantie "Satu Karya Satu Cinta" bersama Komunitas Wanita Inspiratif Surabaya, Fatma-sapaan akrab istri Wagub Jatim berkesempatan menjadi pembicara talkshow bersama desainer kondang Anne Avanti.

Fatma yang juga Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jatim saat talkshow menyampaikan, Jatim adalah provinsi yang sangat maju di bidang industri kreatif yang sangat potensial dengan jumlah penduduk lebih dari 38 juta orang. Terbukti UMKM yang ditopang industri kreatif telah berhasil meningkatan surplus Jatim hampir 200 persen pada tahun 2016 hingga 2017 ini.

Selain itu, Pemprov Jatim terus melakukan pembinaan kepada para UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan gratis baik manajemen, peningkatan mutu produk, sampai IT serta bantuan permodalan dan akses pemasaran.
Ditambahkan, para pelaku UMKM di Jatim banyak dilakukan oleh perempuan, dan hal itu terbukti sangat membantu perekonomian keluarganya. "Pemprov Jatim juga memfasilitasi pembiayaan murah bagi UMKM dengan lembaga keuangan milik daerah yakni melalui Bank Jatim dan Bank UMKM," jelasnya.

Oleh sebab itu lanjut Fatma, acara Pasar Tiban yang dimotori Ibu Anne Avantie itu penting dilakukan sebab turut membantu perekonomian pengrajin khususnya produk fashion. Menurutnya, penduduk di Jatim yang berasal dari 38 kab/kota tentu bangga atas penyelenggaraan acara Pasar Tiban. Ia berharap acara Pasar Tiban tersebut rutin digelar di Jatim. "Industri kreatif seperti ini harus di berdayakan dengan sungguh-sungguh agar pengrajin juga ikut merasakan dampak kemajuan ekonomi di era digital seperti sekarang ini," ungkapnya.

Sementara itu, Anne Avantie membenarkan apa yang telah disampaikan Ketua Umum BKOW Prov. Jatim Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, acara Pasar Tiban sangat membantu UMKM yang tidak punya kesempatan untuk menunjukkan hasil kreativitas nya pada pameran-pameran besar. Ia menceritakan sebelum Pasar Tiban menjadi besar, pihaknya banyak dibantu oleh tenaga-tenaga lapas di Jateng yang membantu membatik untuk kelas UMKM, dan setelah itu produk nya akan di masukkan sebuah pasar yang bernama pasar tiban.

Pada kesempatan yang sama, Putri Indonesia 2017 Bunga Jelita Ibrani mengaku telah mengenal Anne Avantie selaku penyelenggara acara Pasar Tiban sejak lama. Bahkan Anne begitu ia lekat disapa telah membantu Yayasan Putri Indonesia dalam urusan busana lokal yang akan diperagakan. Bunga sapaan Putri Indonesia 2017 juga memperagakan berbagai karya Anne Avantie dihadapan seluruh pengunjung yang hadir.

Turut hadir istri Sekda Prov.Jatim , Hj. Chairani Juliati Akhmad Sukardi,S.Sos, serta beberapa istri Pejabat di lingkup PemProv. Jatim. Dalam kegiatan tersebut juga diadakan acara berbagi takjil untuk seluruh pengunjung Grand City Mall Surabaya yang melakukan ibadah puasa. (rr)