Iklan

Pemkab Madiun Peringati HKN Ke-53

MADIUN, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53, Senin 20 November 2017.

Upacara dengan Inspektur Upacara Bupati Madiun ini, digelar di di halaman Pendopo Ronggo Djumeno, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Madiun, di Mejayan.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan RI yang dibacakan oleh Bupati Madiun, H. Muhtarom, disampaikan bahwa peringatan HKN tahun 2017 lmengangkat tema " Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku". Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

"Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kerehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga," demikian isi sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI, yang dibacakan Bupati Madiun, H. Muhtarom.

Selain program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, lanjutnya, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Hal tersebut didasarkan pada kenyataa bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

"Angka kesehatan yang masih terjadi di indonesia diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Ini harus segera diselesaikan jika ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang. Terutama Puskesmas. Ini perlu diingatkan kepada kepala dinas dan kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi uang yang dimiliki untuk menyelesaikan permaslahaan kesehatan," tambahnya.

Dan diakhir sambutan tertulis, Menteri Kesehatan RI mengajak semua untuk mengikuti seluruh rangkaian peringatan HKN dengan penuh semangat dan suka cita. Menteri Kesehatan RI juga mengajak semua untuk senentiasa mengenang jasa perjuangan pembanguna kesehatan, meneladani semangat dan pengabdian mereka serta mendoakan agar mendapatkan ampunan serta tempat yang layak disisi tuhan YME.

Dalam upacara tersebut, Bupati Madiun juga menyerahkan secara simbolis hadiah Juara Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari TK Provinsi Jawa Timur 2017, penyerahan 5 unit kendaraan operasional mobil ambulance, penyerahan 4 sertifikat akreditasi Puskesmas, penyerahan juara lomba dokter Kecik tingkat Kabupaten Madiun dan juara kader kesehatan Remaja tingkat Kabupaten Madiun.

Setelah upacara Bupati Madiun beserta jajarannya mengunjungi stan inovasi Puskesmas, pameran buah dan sayur sehat dan dilanjutkan pemotongan tumpeng dalam rangka HKN Ke-53 yang di serahkan ke Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun.

Hadir pula dalam upacara tersebut diantaranya Wakil Bupati Madiun, Sekda, Asisten dan staf ahli , Camat se- Kabupaten Madiun, Kepala Puskesmas serta ketua Organisasi Profesi Lingkup Kesehatan (OPLK). (Rohman/Dibyo).