Iklan

RS Patria IKKT Dukung Vision 2020 Right to Sight

Rumah Sakit Patria IKKT mendirikan Klinik Eye Center dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan  "Vision 2020 Right to Sight" yaitu upaya penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan agar setiap orang dapat melihat.
 
Hal tersebut disampaikan Ketua Umum IKKT Pragati Wira Anggini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto saat membuka Seminar Kesehatan Mata untuk Dokter Umum di wilayah Jakarta Barat, bertempat di Rumah Sakit Patria Slipi, Jakarta, Selasa (6/2/2018).
 
Lebih lanjut Ketua Umum IKKT Pragati Wira Anggini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Vision 2020 Right to Sight merupakan sebuah program gabungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB). "Rumah Sakit Patria IKKT mendirikan klinik eye center bekerja sama dengan Rumah Sakit Khusus Mata SMEC, semoga kerja sama ini mampu meningkatkan derajat kesehatan mata masyarakat pada umumnya, terutama kesehatan mata bagi prajurit TNI dan keluarganya serta mampu mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan "Vision 2020 Right to Sight," katanya.
 
Ketua Umum IKKT Pragati Wira Anggini juga menyampaikan bahwa upaya pemerintah dalam mengatasi gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia, tidak dapat berjalan tanpa dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan kalangan usaha. "RS Patria IKKT yang berada di bawah naungan organisasi IKKT Pragati Wira Anggini turut berpartisipasi untuk membantu melaksanakan program pemerintah dalam kesehatan mata, mengingat mata memiliki peranan sangat besar. Mata adalah organ tubuh pada diri manusia yang sangat vital sekali karena fungsinya untuk indra penglihatan," ungkapnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ibu Nanny Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa kerusakan mata saat ini juga diperparah oleh kemajuan teknologi informasi, hampir setiap orang pasti sudah memiliki gadget. "Gadget sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern, mulai dari laptop, tablet, ponsel atau ponsel pintar, tanpa disadari penggunaan gadget secara terus menerus dapat mengakibatkan berbagai masalah pada mata, seperti mata lelah, merah, penglihatan yang buram, mata kering hingga iritasi ringan," tutupnya.
 
Sementara itu, dr. Imsyah Satari, SpM dari Sumatera Eye Centre sebagai pembicara yang mengisi seminar kesehatan mata menyampaikan tentang komunikasi guna tingkatkan kepercayaan pasien pada dokter; Dr. dr. Dollar, S.H., M.H., M.M. dari IDI tentang etika kedokteran; dr. Eddy Sulistijanto Hadir, M.M., AAK dari BPJS; dr. Yessica Wilanda, SpM dari Sumatera Eye Center tentang katarak dan cara mudah medeteksinya dan dr. Mia Purnama, M. Biomed, SpM dari Sumatera Eye Center tentang Retinopati Diabetika.