Iklan

Ketika Kapasitas Data Meledak, Toshiba dan Helium Membantu Penyimpanan Awan Mengambang di Keketinggian Kapasitas Baru

3.5-inch Nearline HDD
Menyimpan foto digital dari tempat-tempat yang telah dikunjungi dan makanan yang dimakan, pengarsipan dokumen, berbagi materi konferensi dengan rekan kerja; saat ini menjadi hal sehari-hari bagi penyimpanan semua jenis data di penyimpanan awan, di mana dia aman sampai dibutuhkan — atau sampai terlupakan. Semua ini mendorong ekspansi dramatis dalam semua jenis data, dan semuanya harus disimpan di suatu tempat.

"Penyimpanan awan" terdengar seperti sesuatu yang jauh dan tidak substansial. Faktanya adalah, hal ini terealisir dalam rangkaian diska keras (HDD) yang sangat besar di pusat data. Disk magnetik mereka adalah buku tulis virtual di mana data dicatat, kepala magnetik mereka berfungsi sebagai pena. Sebagian besar pusat data HDD adalah perangkat “nearline”, suatu bauran dari "dekat" dan "daring," perantara antara penyimpanan online yang mendukung akses data yang kerap, kilat, dan penyimpanan luring yang digunakan sebagai cadangan atau pengarsipan jangka panjang dari data yang jarang diakses.




Dengan semakin banyaknya layanan dan hal-hal yang kita kerjakan berpindah ke daring, kapasitas data yang dihasilkan setiap hari hanya akan meningkat. Penanganannya akan membutuhkan penyimpanan awan yang lebih besar, kapasitas penyimpanan lebih banyak. Salah satu cara untuk mencapai hal itu adalah hanya dengan menambahkan peladen (server), dan ketika itu harus menjadi bagian dari solusi, itu juga merupakan bagian dari masalah, karena peladen membutuhkan ruang, lingkungan yang terkontrol dengan cermat, dan mengkonsumsi banyak daya. Cara yang lebih baik adalah dengan meningkatkan kapasitas diska keras. Tapi hal itu tidak semudah kedengarannya.

Menambahkan lebih banyak disk ke diska keras nearline merupakan usulan yang cukup sulit. Cakram berputar di 7200 rpm, dan dengan hanya lebih banyak menambah menimbulkan masalah konsumsi energi, dan pertanyaan akan daya tahan dan kehandalan. Juga ada masalah ruang. Diska keras dibuat atas standar industri, untuk masuk ke peladen, dan pada dasarnya tidak ada ruang untuk menambahkan lebih banyak.

Mengingat semua ini, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa pengumuman dari diska keras sembilan disk 14-terabyte pada 14 Desember oleh Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation benar-benar mendapat perhatian industri penyimpanan. Diska keras dari anak perusahaan Toshiba Corp adalah diska keras perekaman magnetik - HDD Magnetic Recording (CMR) pertama[1] yang mencapai 14TB, dan yang pertama dengan sembilan disk, satu lagi yang telah dicapai lebih dari sebelumnya; dia juga diisi dengan helium, bukan udara.

Kenyataannya, helium adalah kunci dari inovasi ini. Gas paling ringan kedua, menurunkan resistansi disk, meningkatkan kinerja dan berkontribusi pada peningkatan kapasitas. Ini juga membantu meningkatkan konsumsi daya hingga lebih dari 40% dibandingkan dengan model sebelumnya. Semua kemajuan teknologi ini dicapai dengan mempertahankan waktu rata-rata kegagalan[2]  pada 2,5 juta jam.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang diska keras yang mengesankan ini dan inovasinya, kami berbicara dengan Masafumi Fujimori dari Divisi Penjualan dan Pemasaran Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation, dan Sato Takumi dari Departemen Teknik Produk Diska Keras.

Q. Hal-hal apa menonjol dari Diska Keras 14TB?
Tn. Fujimori: Ada dua hal yang menarik perhatian. Pertama, ini adalah penggerak CMR pertama di dunia dengan sembilan disk, dan memberikan kapasitas 14TB. Kedua, ini adalah HDD Toshiba pertama yang menggantikan udara dengan helium.


         Disain perakitan kerapatan tinggi, menunjukkan model 6-cakram.

Q. Apa reaksi terhadap produk baru?
Tn. Fujimori: Kami mendapat respon yang luar biasa dari analis teknologi populer. Kami telah mulai mengirim contoh ke beberapa pelanggan, dan kinerjanya kini sedang dievaluasi.


Masafumi Fujimori, Divisi Produk Penyimpanan., Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation

T. Apakah memampatkan sembilan disk ke dalam hard drive merupakan hal yang inovatif?
Mr. Sato: Ya. Dan pencapaian itu benar-benar meningkatkan kapasitas. Sebelum ini, kapasitas terbesar drive kami adalah model 7-cakram, 10TB. Yang paling bisa dicapai oleh perusahaan lain sejauh ini adalah delapan disk. Jika Anda ingin memasang sembilan disk dalam rumah yang sama dengan drive 8-cakram, sangat penting untuk mengurangi bagian dan menghilangkan variasi-variasi pada komponen. Diska keras juga harus melewati tes ketahanan guncangan dan getaran yang ketat, untuk memastikan keandalan. Kami mampu menyelesaikan masalah ini dengan pengetahuan dan pengalaman yang kami peroleh dalam mengembangkan cakra keras 0,85 inci dan 1,8 inci.


Takumi Sato, Divis Produk Penyimpanan, Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation

Q. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan isi helium?
Mr. Sato: Hingga saat ini, HDD kami telah diisi dengan udara. Drive 14TB menggantikannya dengan helium, yang memiliki satu pertujuh dari kepadatan udara.

T. Apa manfaat yang ditawarkannya?
Mr. Sato: Cukup banyak. Pertama-tama, resistensi helium yang lebih rendah menghasilkan lebih sedikit gesekan dan getaran disk, putaran disk lebih seragam. Hal itu memotong konsumsi energi. Model 14TB mengkonsumsi energi 3 watt lebih sedikit daripada model 10TB kami, meskipun memiliki dua disk lebih banyak. Lebih penting lagi, akurasi posisi kepala dan akustik ditingkatkan.

T. Seberapa pentingkah untuk mengurangi konsumsi energi diska keras?
Mr. Sato: Sangat. Target pasar untuk diska keras berkapasitas besar seperti model 14TB kami adalah pusat data, yang menggunakan drive dalam jumlah besar untuk menyimpan dan mengakses data, 24/7, setiap hari sepanjang tahun. Untuk operator pusat data, mengurangi konsumsi daya merupakan masalah besar.

Q. Apakah ada nilai lebih lainnya dari cakra keras 14TB?
Mr. Sato: Bahkan dengan lebih banyak disk, beratnya lebih sedikit dari produk sebelumnya. Seperti konsumsi listrik, pusat data ingin mengurangi berat, dan bobot yang lebih rendah dari penyimpan 14TB telah memenangkan pujian dari pelanggan.

T. Jika helium menawarkan begitu banyak manfaat, mengapa dia tidak digunakan sebelumnya?
Mr Sato: Helium mahal dan membawa ke kerugian biaya, dan prioritas kami adalah untuk mengamankan kemajuan yang stabil di cakra keras tipe udara. Penilaian umum kami adalah berjalan dengan udara hingga 10TB. Namun, setelah kami mencapai titik itu, kami memutuskan untuk mengembangkan diska keras yang diisi dengan helium, karena sangat sulit untuk mendapatkan diska keras 14TB dengan udara.

T. Apakah sulit untuk mengisi rumah diska keras dengan helium?
Mr. Sato: Ya. Terutama ketika penuh sesak dengan sembilan disk. Pesaing kami dan bahkan beberapa pelanggan mengira kami tidak akan mampu menanganinya. Faktanya adalah, atom helium sangat kecil, sehingga celah terkecil di segel pun bocor. Untungnya, Toshiba Group memiliki pengalaman yang sangat berguna dalam menyegel baterai lithium-ion, dan mengembangkan teknologi mutakhir untuk pengelasan laser berkualitas tinggi. Kami menggunakannya untuk mengembangkan rumah diska keras yang andal tanpa kebocoran.

P. Apakah Anda berpikir bahwa Toshiba telah mengalahkan saingannya dalam hal teknologi?
Mr. Sato: Saya berharap kita bisa mengatakan itu, tetapi saya tidak ragu bahwa perlombaan yang keras untuk memimpin pengembangan masih jauh dari selesai. Tapi itu hal yang bagus. Ini mengilhami kita untuk berbuat lebih banyak. Kita harus menggandakan upaya kita sendiri, dan mengingatkan betapa pentingnya bekerja sama dengan mitra pemasok komponen utama kami, seperti kepala magnet dan cakram.

Q. Pasar mana yang akan Anda targetkan?
Mr. Fujimori: Pusat data. Kami akan mengembangkan pasar di China, dan di pusat data kecil, dan, tentu saja, pusat data skala-hyper di AS. Kemajuan dalam data besar mendorong ledakan informasi, dan kami harus terus mengembangkan diska keras dengan kapasitas yang lebih besar, karena perusahaan pusat data cenderung menuntut diska keras yang memiliki kapasitas tertinggi pada waktu tertentu.

40 tahun yang lalu, ada lebih dari 100 perusahaan yang memproduksi diska keras, tetapi saat ini hanya ada tiga perusahaan, termasuk kami. Dan kami adalah satu-satunya perusahaan Jepang. Saya ingin teknologi Toshiba terus berkontribusi pada kemajuan penyimpanan awan.





 [1] Sumber Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation, per December 8, 2017 untuk 3.5-inch, 26.1mm high.
Untuk detil llebih lanjut, silakan kunjungi:
https://toshiba.semicon-storage.com/ap-en/company/news/news-topics/2017/12/storage-20171208-1.html

 [2] MTTF (Waktu Kegagalan Rata-rata) bukan jaminan atau perkiraan umur dari produk; ini adalah nilai statistik yang terkait dengan tingkat kegagalan rata-rata untuk sejumlah besar produk, dan mungkin tidak secara akurat mencerminkan operasi aktual. Umur operasi yang sebenarnya dari produk ini mungkin berbeda dari MTTF.