Iklan

Kedatangan Si-Mokos, Peroleh Dukungan Masyarakat

Gresik,- Keberadaan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial atau yang biasa dikenal Si-Mokos, ternyata patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, keberadaan alat komunikasi yang diluncurkan tahun 2017 lalu itu, berhasil mengikat perhatian masyarakat, khususnya para pelajar yang didatangi oleh Si-Mokos.

            Hal itu, terbukti ketika Si-Mokos memasuki salah satu sekolahan yang berada di Dusun Ngampel, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Selasa, 17 Juli 2018.

            Dengan dikendarai dua personel TNI-AD, kendaraan yang memiliki berbagai refrensi wawasan ilmu bagi anak-anak itu, langsung memasuki halaman sekolahan.

            Kapten Inf Karmu, yang turut serta mengawasi beroperasinya Si-Mokos itu menuturkan, dirinya memang sengaja menginstruksikan personel satgas TMMD untuk mendatangi sekolahan itu.

            "Anak-anak itu, nantinya bebas membaca seluruh buku yang sudah disediakan di motor itu," kata Karmu.

            Didatangkannya kendaraan itu, ujar Karmu, merupakan hasil dari koordinasi yang dilakukan oleh dirinya bersama pihak  Kelurahan dan Kecamatan setempat. "Semua pihak mendukung, dan merasa sangat senang dengan adanya sarana itu," tandasnya.

            Sementara itu, Dimas Wahyu Agung (7), salah siswa baru di sekolahan tersebut mengungkapkan, dirinya merasa terhibur dengan adanya kendaraan pintar yang disediakan oleh pihak satgas TMMD tersebut. "Ya senang sekali, ada mainannya," ucap Dimas dengan hiasan wajah lugunya.   

            Rencananya, Si-Mokos akan dioperasikan di seluruh sekolahan yang berada di Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, selama berlangsungnya program TMMD. Bahkan, sistem pengoperasian motor pintar itu, akan menerapkan sistem bergilir.

            "Misal, sekarang kami mengunjungi SDN Ngampel, besoknya kami akan pindah ke sekolahan lain," ucap Karmu. "Setiap hari kita lakukan selama berlangsungnya program ini (TMDD)," tambahnya.