Iklan

Bamsoet Kembali Buktikan DPR RI Terbuka dan Dekat Dengan Rakyat



JAKARTA,  Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo kembali membuktikan DPR terbuka dan dekat dengan rakyat. Dalam rangka HUT DPR RI LXXIII, DPR menggelar Lomba 'Gowes Sehat DPR Bersama Rakyat', lomba 'Panjat Betung' dan lomba 'Mewarnai Gambar' di Gedung DPR RI Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (2/9).

Semua lomba itu, kata laki-laki yang akrab disapa Bamsoet ini, melibatkan masyarakat umum. Beragam lomba sengaja dihadirkan untuk mererat kebersamaan dan ikatan batin antara DPR RI dengan rakyat.

"Kegiatan ini juga dalam rangka membudayakan olahraga di kehidupan masyarakat. Baki kata pepatah 'mens sano in corpore sano', didalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat," kata Bamsoet usai menyerahkan dua sepeda motor sebagai hadiah utama lomba Gowes dan Panjat Betung.

Dikatakan, ini merupakan kali pertama DPR RI melakukan olahraga sepeda bersama rakyat dengan rute start di Halaman Gedung DPR RI menuju Bundaran Hotel Indonesia dan kembali lagi ke Gedung DPR RI, acara ini diikuti 1.000 peserta dari beragam kalangan masyarakat.

Untuk lomba panjat betung diikuti sebanyak 365 perserta terbagi dalam 73 tim, sesuai jumlah betung yang tersedia. Sedangkan, lomba mewarnai gambar diikuti 500 anak-anak mulai dari sekolah Taman Kanak-kanan (TK) hingga kelas 6 Sekolah Dasar (SD).

"Melihat keceriaan peserta, apalagi anak-anak, membuat hati gembira. Yang mereka warnai bukan hanya gambar, melainkan juga masa depan bangsa. Yang mereka gowes bukan hanya sepeda, melainkan juga arah bangsa. Dan, yang mereka panjat bukan hanya betung melainkan juga cita-cita bangsa."

Dijelaskan, pemilihan betung sebagai sarana lomba selain tanaman khas Indonesia, betung ternyata juga punya banyak nilai filosofi dan manfaat. Betung dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, antara lain bahan bangunan dan kayu struktural untuk konstruksi, saluran air, alat musik, furnitur dan lain sebagainya.

"Secara filosofi, bambu seringkali disimbolkan sebagai keteguhan dan ketulusan serta perekat persaudaraan. Ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersamaan," papar Bamsoet.

Dalam rangkaian HUT DPR RI LXIII juga sudah diselenggarakan lomba stand up comedy, esai dan meme kritik DPR, peluncuran aplikasi DPR NOW, pencanangan Open Parliament, pameran foto Warna Warni DPR RI dan pameran lukisan Kepada Republik.

Ini menunjukan, kata dia, DPR RI sangat terbuka terhadap rakyat dan ingin hadir sebagai sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya. Bagi kami di DPR RI, tiada yang lebih membahagiakan selain bisa menghadirkan kebersamaan dengan rakyat.

"Melalui berbagai kegiatan tersebut saya yakin rakyat akan menyadari bahwa sesungguhnya DPR RI tidak searogan yang sering disangka. Stigma bahwa DPR RI sebagai lembaga yang kaku, otoriter dan negatif lainnya saya yakin akan luruh seiring berjalannya waktu dan peningkatan kinerja yang kami lakukan," demikian Bambang Soesatyo. (akhir)