Iklan

Mahasiswa Universitas Jinan Lebanon Antusias Ikuti Open Ship KRI Sultan Hasanuddin-366










LEBANON, Sebanyak 75 mahasiswa dan dosen dari Jinan University Lebanon antusias saat mengikuti kegiatan Open Ship KRI Sultan Hasanuddin-366 di Dermaga Beirut, Lebanon, Kamis (22/10/2018).

Kegiatan Open Ship KRI Sultan Hasanuddin-366 digelar oleh Satuan Tugas Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K/Unifil (United Nations Interm Force in Lebanon) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beirut untuk Lebanon.

Saat  berada di KRI, para mahasiswa dan dosen dipandu menerima penjelasan oleh Perwira KRI saat melihat beberapa pos tempur KRI diantaranya anjungan dan pusat informasi tempur serta alutsista Satgas yaitu Heli Dauphin AS-365 N3+ 

Dalam kesempatan tersebut rombongan mahasiswa dan dosen dari universitas juga dijelaskan gambaran singkat mengenai TNI Angkatan Laut dan penjelasan singkat tentang KRI Sultan Hasanuddin-366 diantaranya spesifikasi, fasilitas ruangan, peralatan dalam melaksanakan tugas Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-K/Unifil yang disampaikan oleh Perwira Satgas di Lounge Room KRI.

Selanjutnya juga disampaikan paparan singkat tentang berbagai kebudayaan Indonesia dan destinasi wisatanya, yang disertai dengan kuis pertanyaan kepada rombongan mahasiswa. Setiap mahasiswa dan dosen yang mampu menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah souvenir. 

Antusiasme mahasiswa sangat terlihat saat ditampilkannya pentas kesenian budaya Indonesia oleh prajurit Satgas diantaranya pertunjukan tari Jaranan, Remo, Tari Perang dan Tari Gaba-Gaba dimana hal ini juga sebagai misi diplomasi budaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Lebanon

Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K/Unifil dan sekaligus Komandan KRI  Sultan Hasanuddin-366 Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, S.E., M.Si. menyambut positif kegiatan kunjungan dari mahasiswa Jinan University . Menurutnya kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga Lebanon, khususnya kepada para akademisi di Beirut Lebanon. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia" ujarnya.

Satuan Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-K/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, S.E.,M.Si , adalah satgas yang bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia dibawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) selama satu tahun di wilayah perairan Lebanon dengan menggunakan KRI Sultan Hasanuddin-366.