Iklan

HKTDC tahun 2019 mempertemukan para ahli bisnis sekaligus membangun kemitraan

JAKARTA. 28 November 2018 Hubungan perdagangan bilateral yang kuat antara Hong Kong dan Indonesia untuk berbagai produk dan jasa telah berlangsung selama bertahun-tahun. Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan bisnis antar dua negara, Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) mempertemukan para ahli bisnis untuk membentuk kemitraan dan mengembangkan bisnis bagi perusahaan. Hal ini diwujudkan HKTDC dengan menyelenggarakan lebih dari 30 pameran di Hong Kong setiap tahunnya untuk menyediakan one-stop trading platforms bagi pembeli dan pemasok dari dua negara untuk mengembangkan bisnis dan memperkuat perekonomian negara.

11 jenis pameran pameran tersebut memiliki pasar terbesar di Asia dan 5 diantaranya merupakan bisnis yang memiliki pasar terbesar di dunia, 5 pameran tersebut adalah Hong Kong International Diamond, Gem & Pearl Show cum Hong Kong International Jewellery Show; Hong Kong Gifts & Premium Fair; Hong Kong Watch & Clock Fair; Hong Kong Electronics Fair (Autumn Edition) cum electronic Asua; and Hong Kong International Lighting Fair (Autumn Edition) cum Hong Kong International Outdoor and Tech Light Expo.

Berkaitan dengan pengembangan bisnis dan penguatan ekonomi melalui penyelenggaraan pameran tersebut, Leung Kwan Ho, Direktur HKTDC Indonesia hari ini mengumumkan bahwa tujuh pameran internasional akan diadakan di Hong Kong pada awal tahun 2019 yang hadir sebagai platform bagi para pedagang dan pemasok dari Indonesia untuk memperluas jangkauan bisnis mereka. Pameran tersebut terdiri dari:

HKTDC Hong Kong Toys & Games Fair (7 – 10 Januari), HKTDC Hong Kong Baby Products Faor (7 – 10 Januari), Hong Kong International Stationary Fair (7 – 10 January), HKTDC Hong Kong International Licensing Show (7 – 9 Januari), HKTDC Hong Kong Fashion Week for Fall/Winter (14 – 17 Januari), HKTDC Hong Kong International Diamond, Gem & Pearl Show (26 Februari – 2 Maret), HKTDC Hong Kong International Jewellery Show (28 Februari – 4 Maret)

“Pada tahun 2017/2018, 30 pameran yang diselenggarakan oleh HKTDC telah berhasil menarik lebih dari 39.000 peserta dan lebih dari 750.000 pengunjung dari seluruh dunia,” ujar Leung. Melalui pameran ini, Leung berharap dapat menyambut lebih banyak lagi perusahaan Indonesia untuk berkolaborasi dan mengeksplorasi peluang bisnis mereka, serta mendukung para pelaku bisnis agar berani memasuki pasar global. Beliau juga mendorong semua pembeli, distributor dan pengecer dari Indonesia untuk datang ke Hong Kong.

Indonesia merupakan mitra dagang terbesar Hong Kong yang ke-23. Dalam tiga kuarter pertama di tahun 2018, perdagangan kedua negara melonjak hingga US$ 3,68 miliar, sementara jumlah barang dagang dari Indonesia yang diimpor ke Hong Kong meningkat sebesar 3,6% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi US$ 1,9 miliar, sedangkan total barang dagang yang diekspor dari Hong Kong ke Indonesia mencapai US$ 1,77 miliar.

HKTDC Hong Kong Toys & Games Fair yang ke-45 merupakan pameran dalam industri mainan terbesar di Asia dan bekerjasama dengan lebih dari 2.000 peserta pameran. Pada tahun 2018, lebih dari 49.000 pembeli dari 129 negara dan wilayah mengunjungi pameran tersebut.

Teknologi menciptakan berbagai penemuan baru setiap hari, dan integrasi teknologi dalam mainan menjadi tren industri yang dominan saat ini. Berkaitan dengan perkembangan tren tersebut, pada pameran HKTDC Hong Kong Toys & Games Fair 2019, terdapat beberapa zona yang diantaranya adalah zona Smart Tech Toys yang akan menunjukkan berbagai mainan berbasis teknologi termasuk berbagai jenis mainan yang dioperasikan melalui mobile apps atau mainan yang digabungkan dengan teknologi VR, AR dan MR terbaru. Selain itu, STREAM Toys Product Display juga akan hadir untuk memamerkan mainan yang edukatif dan memiliki basis teknologi serta sains, teknologi, robotik, teknik, seni, dan matematika, karena jenis mainan berbasis teknologi sangat menarik perhatian dalam industri mainan di seluruh dunia.
Brand Name Gallery akan menyatukan lebih dari 240 merek terkenal termasuk 4M, Aurora, Forces of Valor, Soap Studio, dan Welly yang menawarkan produk mainan dengan desain yang menarik, dan kualitas serta keamanan yang terjamin. Tidak hanya untuk anak-anak, pada pameran ini juga terdapat zona Kidult World yang akan menjadi zona nostalgia bagi para pengunjung yang sudah dewasa dan ingin kembali melihat berbagai jenis mainan yang mereka miliki di masa kecil. Zona Firework juga kembali diadakan untuk menampilkan berbagai jenis kembang api yang cocok untuk digunakan di berbagai acara.
Nuansa berbagai negara juga akan ditemukan oleh para pengunjung di pameran ini. Daratan Cina, Korea, Spanyol, Taiwan, dan Inggris akan mendirikan paviliun yang disebut World of Toys dan akan menampilkan serangkaian pameran yang menarik, khususnya dari Eropa.
Pada hari kedua pameran (9 Januari 2018), akan berlansung Hong Kong Toys Industry Conference 2019 yang menampilkan pembicara berkelas untuk berbagi wawasan tentang tren global dan regional yang membentuk industri mainan. Hal ini dilakukan agar pengunjung tetap mengikuti perkembangan terakhir di industri ini dan memperkuat jaringan mereka. Pada akhir rangkaian pameran akan diadakan Hong Kong Toys and Baby Products Awards yang penghargaannya akan diberikan bagi merek-merek yang memiliki produk mainan dengan kualitas tinggi, banyak diminati oleh konsumen, ramah lingkungan, dan inovatif.

Pameran HKTDC Hong Kong Baby Products Fair yang ke-10 menargetkan 600 peserta pameran global untuk menampilkan rangkaian produk yang komprehensif. Pada tahun 2018, pameran ini berhasil menarik 32.000 pembeli internasional.
Brand Name Gallery merupakan zona khusus dan terpercaya dalam menampilkan berbagai produk bayi yang akan memamerkan lebih dari 45 merek mainan, termasuk Goodbaby, Babyauto, Biba Toys dan Tutti Bambini. Untuk memenuhi kebutuhan calon ibu, zona baru Maternity Product akan diluncurkan pada tahun 2019 untuk menampilkan berbagai hal untuk persiapan sebelum dan sesudah kehamilan para ibu, mulai dari hospital bags hingga breast pumps. World of Strollers & Gear II @ Convention Hall kembali hadir untuk memerkan berbagai produk stroller dan baby car seats yang memenangkan penghargaan dan berkualitas tinggi.
Selain itu, Singapore Pavilion dan Hong Kong Children, Babies, Maternity Industries Association (HKCBMIA) Pavilion juga akan kembali hadir dengan membawa berbagai jenis produk berkualitas tinggi. Korean Pavilion juga akan hadir dan diikuti lebih dai 35 peserta pameran yang memamerkan berbagai merek terkenal seperti i-angel (baby carrier), Dwingular (playmat), DAIICHI (baby car seat) dan Haenim (peralatan elektronik). Terdapat pula berbagai zona lainnya yang memamerkan Baby Tech, Produk Tempat Tidur Bayi dan Furnitur, berbagai jenis kebutuhan asupan makanan bayi, nursery dan produk-produk kesehatan.