Iklan

WAKETUM KSPSI, JUSUF RIZAL JADI KETUA TIM RELAWAN PEKERJA KSPSI, JOKOWI-AMIN




Jakarta —- Wakil Ketua Umum Bidang OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan) KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), HM. Jusuf Rizal terpilih menjadi Ketua Tim Relawan Pekerja KSPSI untuk memenangkan pasangan #01 Jokowi-Amin pada Pilpres 2019. Keputusan tersebut ditandatangani Ketua Umum KSPSI, Yorrys Raweyai

"Ya saya diberi kepercayaan oleh organisasi guna melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk menambah suara dukungan dari Serikat Pekerja dibawah naungan KSPSI bagi kemenangan pasangan Capres Nomor Urut #01 Jokowi-Amin pada Pilpres 2019," tegas Jusuf Rizal kepada media di Jakarta.

Ditunjuknya HM. Jusuf Rizal yang juga Ketum Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI-KSPSI) itu barangkali tidak lepas dari jam terbangnya. Jusuf Rizal sudah memiliki pengalaman tahun 2004 dan 2009 turut memenangkan SBY pada Pilpres melalui lembaga Relawan Blora Center. Belum lagi di pemenangan Pilkada.

Menurut Jusuf Rizal, keputusan KSPSI mendukung pasangan Jokowi-Amin telah dambil melalui Rapimnas yang telah disepakati oleh 17 Federasi Serikat Pekerja Annggota (SPA) serta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KSPSI seluruh Indonesia. Keputusan Rapimnas tersebut juga telah disampaikan kepada Capres Jokowi.

Dikatakan KSPSI merupakan organisasi Serikat pekerja tertua di Indonesia. Didirikan sejak tahun  1973. Memiliki kurang lebih anggota 7 juta, baik yang bekerja di sektor formal maupun non formal. Organisasi ini pernah pecah, namun tahun 2015 telah melakukan rekonsiliasi antara kubu Syukur Sarto dan Yorrys Raweyai. 

Dikatakan agenda dalam waktu dekat ini, Relawan Pekerja KSPSI akan melakukan Deklarasi diberbagai kota untuk memobilisasi suara dari Serikat pekerja anggota KSPSI. Prinsipnya KSPSI secara kelembagaan wajib hukumnya memenangkan Jokowi-Amin pada Pilpres 2019.

Menjawab pertanyaan tentang komitmen Jokowi-Amin terhadap nasib pekerja, menurut Jusuf Rizal tidak ada pemerintah manapun yang ingin nasib pekerja/buruh tidak baik. Namun demikian tidak mungkin dilakukan dengan cara tidak adil. Untuk itulah ada tripartied (Pengusaha-Pekerja dan Pemerintah). Keadilan yang juga memperhatikan kondisi.

Lebih lanjut kata pria yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu, ia menilai perhatian pemerintahan Jokowi sudah cukup besar untuk memperbaiki nasib pekerja, tapi tentu saja belum dapat memuaskan semua keinginan para pekerja. Karena itu diharapkan di periode kedua nanti Jokowi-Amin bisa lebih maksimal memberi perhatian bagi nasib pekerja.

Jusuf Rizal juga menyebutkan "Gerakan 70% Menangkan Jokowi-Amin" akan menjadi materi gerakan Relawan Pekerja KSPSI diseluruh Indonesia. Dia menginstruksikan mesin organisasi FSPA, DPD, DPC hingga PUK (Pengurus Unit Kerja) bergerak guna memenangkan pasangan nomor urut #01 Jokowi-Amin